Loading...

BI: Pertanian Jayawijaya Dorong Pertumbuhan Ekonomi Papua

WAMENA, TAJUKTIMUR.COM — Bank Indonesia (BI) menilai sektor pertanian di Kabupaten Jayawijaya, ikut mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi Papua pada triwulan I tahun 2018 yang mencapai 28,93 persen.

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua Fauzan saat memberikan meteri pada diseminasi kajian ekonomi dan keuangan regional Papua periode Mei 2018 di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Kamis, mengatakan sektor pertanian termasuk Jayawijaya memang memberikan andil namun tidak terlalu besar.

“Lebih banyak sektor perekonomian kita didorong oleh kinerja sektor pertambangan, sehingga ketika sektor pertambangan memiliki kinerja yang bagus maka perekonomian Papua juga akan bagus,” katanya.

Ia mengatakan banyak sektor unggulan pada bidang pertanian yang ada di lima wilayah adat Papua tetapi belum dikelola dengan baik, misalnya kopi arabika dari Jayawijaya.

“Pasar kopi sangat besar di Jayawijaya, hanya saja permasalahannya itu di hulunya, di hilirnya permintaan banyak, namun produksi kita yang belum bisa memenuhi permintaan pasar,” katanya.

Fauzan mengatakan lahan pertanian di Provinsi Papua cukup luas, namun hingga kini 80 persen komoditas masih didatangkan dari Surabaya dan Makassar.

“Karena ketergantungan kita sangat besar terhadap impor barang dari luar Papua, sehingga harganya sendiri pun sangat dipengaruhi oleh kelancaran pasokan. Ketika di kota pengirim terjadi inflasi, di sini juga ikut inflasi, seperti pada momentum hari raya, tetapi karena pasokan dari luar Papua alami kenaikan, otomatis di sini pun terjadi kenaikan,” katanya.

Diseminasi kajian ekonomi dan keuangan regional Papua yang berlangsung di salah satu hotel di Jayawijaya itu diikuti berbagai pihak, misalnya perwakilan pemerintah, perbankan dan badan statistik setempat.

Berita Lainnya
BPS: Penduduk Miskin di Mimika Capai 31.175 Jiwa TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika, menyatakan penduduk miskin di...
Kementerian PUPR bantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Program Rumah Khusus (Rusus) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan...
Polisi Sentani-Warga Nendali Sepakat Tolak Hoaks SENTANI, TAJUKTIMUR.COM - Kepolisian Sektor (Polsek) Sentani Timur bersama warga Kampung Nendali Sen...
Gubernur Lukas: Pemilu Legislatif 2019 berpotensi Konflik JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Papua Lukas Enembe memprediksi pelaksanaan pemilu legislatif 201...
Bupati Lantik Pejabat Sekda Mimika TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - Bupati Mimika Eltinus Omaleng melantik Marthen Paiding sebagai Penjabat Sek...
Kanal: Papua