Loading...

BI: Pertanian Jayawijaya Dorong Pertumbuhan Ekonomi Papua

WAMENA, TAJUKTIMUR.COM — Bank Indonesia (BI) menilai sektor pertanian di Kabupaten Jayawijaya, ikut mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi Papua pada triwulan I tahun 2018 yang mencapai 28,93 persen.

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua Fauzan saat memberikan meteri pada diseminasi kajian ekonomi dan keuangan regional Papua periode Mei 2018 di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Kamis, mengatakan sektor pertanian termasuk Jayawijaya memang memberikan andil namun tidak terlalu besar.

“Lebih banyak sektor perekonomian kita didorong oleh kinerja sektor pertambangan, sehingga ketika sektor pertambangan memiliki kinerja yang bagus maka perekonomian Papua juga akan bagus,” katanya.

Ia mengatakan banyak sektor unggulan pada bidang pertanian yang ada di lima wilayah adat Papua tetapi belum dikelola dengan baik, misalnya kopi arabika dari Jayawijaya.

“Pasar kopi sangat besar di Jayawijaya, hanya saja permasalahannya itu di hulunya, di hilirnya permintaan banyak, namun produksi kita yang belum bisa memenuhi permintaan pasar,” katanya.

Fauzan mengatakan lahan pertanian di Provinsi Papua cukup luas, namun hingga kini 80 persen komoditas masih didatangkan dari Surabaya dan Makassar.

“Karena ketergantungan kita sangat besar terhadap impor barang dari luar Papua, sehingga harganya sendiri pun sangat dipengaruhi oleh kelancaran pasokan. Ketika di kota pengirim terjadi inflasi, di sini juga ikut inflasi, seperti pada momentum hari raya, tetapi karena pasokan dari luar Papua alami kenaikan, otomatis di sini pun terjadi kenaikan,” katanya.

Diseminasi kajian ekonomi dan keuangan regional Papua yang berlangsung di salah satu hotel di Jayawijaya itu diikuti berbagai pihak, misalnya perwakilan pemerintah, perbankan dan badan statistik setempat.

Berita Lainnya
KPU: Empat Caleg DPR Papua Tidak Memenuhi Syarat JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menyatakan empat dari total 792 orang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) D...
Gempa Bumi 5 SR Guncang Jayawijaya JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi berkekuatan 5,0 SR mengguncang Kabupaten Jayawijaya, Papua. Gempa tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan infor...
Minyak Kayu Putih Biak Merambah Pasar Manokwari BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Minyak kayu putih "Farkin" produksi kelompok petani hutan Kofarwis Rimba Jaya Kabupaten Biak Numfor, Papua, merambah ke pasar k...
KPU Biak Numfor Tambah 128 TPS Baru BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan menambah 128 tempat pemungutan suara (TPS) baru untuk Pemilu 201...
KPU Yalimo: Tidak ada Caleg eks Koruptor WAMENA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Papua, memastikan tidak ada calon anggota legislatif eks narapidana koruptor da...
Kanal: Papua