Loading...

BNN Papua Serahkan Hasil Tes Urine Peserta Pilkada 2018 ke KPU

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua menyerahkan hasil tes urine para pasangan calon bupati/wakil bupati yang akan menjadi peserta Pilkada 2018, kepada KPU setempat.

Penyerahan hasil tes urine itu dilakukan langsung oleh Kepala BNN Papua Kombes Pol Abdul Kadir kepada Ketua KPU Papua Adam Arisoy di Kantor BNN yang terletak di Kompleks Aryoko, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, pada Selasa (16/1).

Dari Ketua KPU Papua Adam Arisoy, hasil tes urine itu langsung diserahkan kepada masing-masing KPU daerah yang menggelar pilkada, di antaranya kepada Ketua KPU Biak Numfor Jackson S Maryen, Sektretaris KPU Mamberamo Tengah dan wakil dari KPU Paniai, Deiyai dan Mimika.

“Yang kami serahkan ini adalah hasil tes urine dari pada para bakal pasangan calon bupati/wakil bupati tujuh kabupaten yang menggelar pilkada,” kata Abdul Kadir kepada wartawan.

Menurut dia, hasil tersebut diberikan KPU Provinsi dalam keadaan masih tersegel, yang artinya keabsahan hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.

“Tes urine ini untuk mengetahui apakah ada calon kepala daerah yang terindikasi menggunakan narkotika. Jika dalam hasilnya ada maka akan kami lanjutkan ke BNN pusat untuk dicek lagi dan hasilnya itu akan diserahkan kembali kepada KPU,” kata Adbul Kadir.

Sementara itu, Adam Arisoy mengatakan hasil tes urine dari para bakal calon bupati/wakil bupati yang diserahkan oleh BNN Provinsi Papua merupakan salah satu syarat dalam Pilkada jilid III 2018.

“Hasilnya itu memang dari BNN, dan yang berhak membuka adalah KPU daerah masing-masing, dan seperti yang rekan-rekan wartawan lihat bahwa hasilnya dalam keadaan tersegel,” katanya.

Ketika disinggung soal hasil ters urin milik para peserta pilkada lain yang seharusnya diserahkan kepada KPU Puncak dan KPU Jayawijaya, Adam mengatakan bahwa Komisioner KPU Puncak sedang berada di Jakarta.

“Sedangkan para Komisioner KPU Jayawijaya sedang melaksanakan perpanjangan waktu pendaftaran bagi para bakal pasangan calon. Pastinya mereka akan mengambil ke KPU Papua,” katanya.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Tiga TNI tewas dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Tiga anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Nanggala dilaporkan tewas da...
Polda Papua tetapkan Jafar Umar Thalib tersangka perusakan di Koya JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua menetapkan Jafar Umar Th...
Kanal: Papua Pilkada