Loading...

Bupati Biak Numfor Larang Pejabat Eselon II Keluar Daerah

BIAK, TAJUKTIMUR.COM – Pelaksana tugas Bupati Biak Numfor, Papua, melarang pejabat kepala organisasi perangkat daerah (OPD) eselon II seperti kepala dinas dan kepala badan di lingkungan pemerintah daerah setempat keluar daerah selama proses pemeriksaan auditor keuangan BPK.

“Larangan keluar daerah untuk pimpina organisasi perangkat daerah untuk mempermudah proses pemeriksaan pertanggungjawaban laporan pengelolaan keuangan tahun 2018 dilakukan auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” kata Pelaksana tugas Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap di Biak, Senin.

Menurut dia, jika setelah dikeluarkan instruksi larangan pejabat daerah keluar daerah ada pejabat yang tidak memperhatikan larangan pihaknya akan memberikan sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku.

Kepada kepala dinas, badan dan asisten, lanjutnya untuk dapat menunjuk sekretaris atau kepala bidang di dinas bersangkutan jika ada penugasan dinas keluar daerah.

“Saya ingin selama proses pemeriksaan BPK berlangsung harus dilakukan secara menyeluruh kepada pejabat daerah yang sudah menggunakan anggaran pemerintah untuk mempertanggungjawabkan sesuai penggunaan,” ujarnya.

Ia berharap selama pemeriksaan audit dari BPK Papua yakni 20 hari ke depan dapat berjalan lancar sebagai bahan penilaian laporan keuangan daerah tahun anggaran 2018.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah setempat Lod Yensenem M.Si mengingatkan setiap pejabat eselon II yang sudah menggunakan anggaran harus memberikan laporan pertanggungjawaban lengkap dengan bukti fisik valid.

“Sekecil apapun uang negara yang sudah diterima pejabat harus dipertanggungjawaban, ya ini akan diperiksa auditor BPK yang sudah melakukan audit anggaran daerah,” ujarnya.

Beberapa kepala organisasi perangkat daerah di lingkup Pemkab Biak tampak secara bergantian menunggu giliran pemeriksaan audit BPK.

Berita Lainnya
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Tiga TNI tewas dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Tiga anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Nanggala dilaporkan tewas da...
Kanal: Papua