Loading...

Bupati Mimika Berhentikan Ausilius You dari Jabatan Sekda

TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM – Bupati Mimika Eltinus Omaleng secara resmi memberhentikan Ausilius You dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) di salah kabupaten di Provinsi Papua itu.

Pemberhentian Ausilius tersebut berdasarkan surat keputusan Bupati Mimika yang dibacakan pada saat acara pelantikan jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Mimika di rumah jabatan Bupati Mimika di Timika, Kamis.

Ausilius diberhentikan secara terhormat berdasarkan SK Bupati Mimika nomor 821: – 105 tanggal 19 November 2018.

Ausilius kemudian menduduki jabatan baru sebagai Staf Ahli Bidang hukum, politik dan pemerintahan Kabupaten Mimika.

SK Bupati tersebut memperhatikan surat Mendagri nomor 821/8292/ SJ tanggal 11 Oktober 2018 tentang persetujuan mutasi, pergantian pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemkab Mimika dan surat Gubernur Papua nomor: 821/12687/Z tanggal 1 November 2018 tentang persetujuan mutasi dan pergantian pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemkab Mimika.

Dalam sambutannya, Bupati Eltinus menegaskan bahwa tidak ada persoalan dibalik pergantian Sekda Mimika.

Menurut dia, Ausilius You yang sebelumnya menjabat sekda telah bertugas selama lima tahun dan sudah saatnya diganti.

“Beliau tidak salah apa-apa, beliau orang baik. Kami ikuti aturan dan sudah lebih dari lima tahun menjabat,” kata Eltinus.

Namun, Ausilius You tidak hadir pada saat pelantikan dan mutasi dirinya untuk menduduki jabatan baru. Demikian Antara.

Menurut Eltinus, dalam waktu dekat ia akan menunjuk pelaksana harian sekda yang nantinya bertugas untuk melaporkan kepada pihak provinsi terkait kekosongan pejabat Sekda.

Diharapkan Gubernur Papua segera membentuk tim tim seleksi calon Sekda Mimika.

“Nanti kalau sudah ada nama-nama yang lolos seleksi maka kita segera Lantik sekda definitif. Namun jika diantara kepala OPD tidak ada yang berkompeten maka saya akan ambil dari luar,” ujarnya.

Ia berharap agar akhir Desember 2018, Pemkab Mimika telah memiliki sekda definitif sehingga dapat melaksanakan sejumlah agenda.

Sementara itu, terkait APBD Induk 2019 yang mana sekda sebagai ketua tim anggaran, Eltinus mengatakan pelaksana harian sekda Mimika juga dapat mengurus hal tersebut sehingga penetapan APBD 2019 tidak terlambat.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Mimika juga melantik Christian Karubaba yang sebelumnya menjabat Asisten Bidang Hukum, politik dan pemerintahan untuk menempati jabatan baru sebagai asisten II Setkab Mimika bidang ekonomi dan pembangunan.

Berita Lainnya
Pemprov Papua Wacanakan Bangun Kampung Tematik JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Perumahan dan Kawasan P...
Bulog: Stok Beras di Papua Aman hingga Tiga Bulan JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Manajemen Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Papua dan papua Barat mengu...
Pembangunan Jalan TransPapua di Nduga Segera Diambil Alih TNI WAMNA, TAJUKTIMUR.COM - Pembangunan jalan dan jembatan di jalur transPapua terutama di lokasi pemban...
TNI Evakuasi Enam Pekerja Terjebak di Hutan Belantara WAMENA, TAJUKTIMUR.COM - Pasukan TNI berhasil mengevakuasi enam orang pekerja konstruksi di Distrik ...
Harga Bahan Pokok Naik, Warga Papua Diminta Tidak Panik JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lemba...
Kanal: Papua