Loading...

Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Keerom Tidak Berubah untuk Pemilu 2019

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Keerom untuk Pemilu 2019 masih sama seperti Pemilu 2014, yakni tiga dapil dan 20 kursi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Keerom Bonefasius Bao mengatakan dapil dan alokasi kursi tersebut sudah melewati berbagai pentahapan mulai dari uji konsultasi publik, berkoordinasi dengan pemerintah setempat soal kependudukan dan kewilayahan, serta koordinasi soal usulan pemetaan dapil dan kursi.

“Jadi dari berbagai perkembangan yang KPU Keerom lakukan dengan menyusun dapil 2019, sama dengan dapil pada pemilu 2014, yakni sebanyak tiga dapil,” katanya di sela-sela bimtek penetapan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten/kota dalam pemilu 2019 yang digelar oleh KPU Papua di Kota Jayapura, kemarin.

Ia menyebut ketiga dapil itu yakni, dapil Keerom 1 meliputi Distrik Skamto, dapil Keerom 2 meliputi Distrik Arso dan Distrik Arso Barat, serta dapil Keerom 3 meliputi delapan distrik.

“Yakni Distrik Arso Timur, Manem, Waris, Fafi, Senggi, Web dan Kesener dan Distrik Towe Hitam,” katanya.

Sementara alokasi kursi, untuk Distrik Skamto setelah dilakukan dengan formulasi dan bilangan pembagi mendapat jatah lima kursi plus kelebihan penduduk pada peringkat satu, jika dibandingkan dengan dapil Keerom 2 dan Keerom 3.

“Sehingga dapil Keerom 1 mendapat jatah enam kursi, dapil Keerom 2 dapat delapan kursi dan dapil Keerom 3 dapat enam kursi, ini juga melalui formulasi dan bilangan pembagi. Sehingga total semuanya 20 kursi, sesuai dengan jumlag penduduk dibawah 100 ribu jiwa,” katanya.

Namun, kata Bonefasius, untuk usulan alokasi kursi pada dapil Keerom 1 akan dilakukan uji publik setelah mengikuti bimbingan teknis di KPU Papua.

“Apakah kemudian publik atau pemangku kepentingan sepakat dengan yang diusulakn oleh KPU atau tidak? Apabila sepakat, maka dari sisi prinsip proporsionalitas akan terpenuhi yakni dengan formula dapil 1 sebanyak enam kursi, dapil 2 sebanyak delapan kursi dan dapil 3 sebanyak enam kursi,” katanya.

(as)

Berita Lainnya
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Tiga TNI tewas dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Tiga anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Nanggala dilaporkan tewas da...
Kanal: Papua Pilkada