Loading...

Dinkes Biak Numfor Tempatkan Dokter di 16 Puskesmas

BIAK, TAJUKTIMUR.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Papua segera menempatkan tenaga dokter di 21 Puskesmas dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan para atlet Nasional yang akan bertanding di ajang PON XX Papua 2020 klaster Biak.

“Sampai 2018 masih ada sekitar lima Puskesmas yang belum punya dokter, saya programkan pada tahun 2020 di 21 Puskesmas akan dilengkapi tenaga dokter,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Biak dr Daisy Ch Urbinas, kemarin.

Ia mengakui pemenuhan tenaga dokter akan direaliasikan melalui program kerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

Daisy mengakui kehadiran tenaga dokter di Puskesmas sangat mendesak untuk memberikan pelayanan dalam rangka menuju Indonesia dan Papua sehat.

Setiap puskesmas berkewajiban melayani kesehatan warga untuk mewujudkan masyarakat Biak Numfor menjadi keluarga sehat dengan 12 indikator.

Ke-12 indikator keluarga sehat yang harus kita cermati dan kita pahami, menurut Daisy Urbinas, terbagi ke dalam lima kelompok di antaranya keluarga mengerti program keluarga berencana (KB), Ibu hamil memeriksa kehamilannya sesuai standar, balita mendapatkan imunisasi lengkap dan pemberian ASI Ekslusif 0-6 bulan hingga pemantauan pertumbuhan balita.

Dua Indikator dalam pengendalian penyakit menular dan tidak menular yakni penderita hipertensi berobat teratur dan Penderita TB paru berobat sesuai standar

Sedangkan dua Indikator dalam perilaku sehat, yakni tidak adanya anggota keluarga yang merokok dan sekeluarga sudah menjadi anggota Jaminan kesehatan Nasional (JKN).

Terkait lingkungan sehat, lanjut Daisy Urbinas, indikatornya adalah mempunyai sarana air bersih, menggunakan jamban keluarga serta anggota keluarga akses dalam pelayanan kesehatan jiwa.

“Puskesmas menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan terdepan harus dilengkapi tenaga dokter umum sehingga dapat mewujudkan keluarga sehat,” katanya.

Pada penilaian pelayanan terbaik kesehatan Puskesmas 2018, keluar sebagai juara pertama Puskesmas Maruaw distrik Oridek, juara dua Puskesmas Sumberker distrik Samofa serta juara tiga Puskesmas Korem distrik Biak Utara.

Berita Lainnya
Gempa Magnitudo 6,1 di Papua, BNPB: Jangan Terprovokasi Hoaks JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah melaporkan gempa ...
Gempa 6,1 Guncang Papua Sore Ini JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,1 mengguncang wilayah Keerom, Papu...
Kapendam Cendrawasih: Situasi Nduga Berangsur Normal JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, mene...
Pangdam: Tak Ada Warga Sipil Tertembak di Nduga Papua JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring memastikan ti...
Bank Papua di Biak Siapkan Rp100 Miliar untuk Libur Natal BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Manajemen Bank Papua cabang Kabupaten Biak Numfor menyiapkan dana sebesar Rp1...
Kanal: Papua