Loading...

Dinsos Kota Jayapura Bina Ratusan Anak Jalanan

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM —- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Jayapura, Provinsi Papua, tengah membina sebanyak 158 anak jalanan di kota itu agar mereka dapat lebih kreatif dalam menyikapi perkembangan hidup.

Kepala Dinsos Kota Jayapura Irawadi di Jayapura, Jumat, mengatakan jumlah anak jalanan yang sedang dibina tercatat sebanyak 158 orang anak.

“Akan tetapi jumlah ini masih terbagi lagi ada anak yang betul-betul hidup di jalanan, ada anak-anak yang ikut-ikutan dengan anak-anak yang hidup di jalanan, orang tuanya ada,” katanya.

Menurut Irawadi, pihaknya berupaya membina anak-anak jalanan tersebut agar kelak bisa bersaing dalam kehidupan di masa mendatang.
Untuk membinan anak jalanan, kata dia, pihaknya bekerja sama dengan beberapa lembaga-lembaga sosial untuk melakukan penanganan baik berupa pembinaan dari sisi rohaninya maupun pemberian keterampilan-keterampilan bagi anak-anak terlantar ini.

“Untuk di kami itu anak-anak terlantar itu dibiayai dari dana otonomi khusus (otsus) kemudian kami bekerja sama dengan beberapa lembaga lembaga kesejahteraan sosial,” ujarnya.

“Yang menjadi beban kita adalah anak-anak ini berusia sekolah dan diwajibkan untuk harus bersekolah di tempatnya masing-masing tetapi karena ada beberapa faktor yang menyebabkan dia tidak melanjutkan sekolahnya,” sambungnya.

Salah satu faktor yakni orang tua yang tidak bisa membina/mengawasi anak-anaknya, ada faktor “broken home” dari orang tuanya, ada juga karena anak-anak ini ikut-ikutan dengan anak-anak yang hidup di jalanan.

“Sehingga kami dengan teman-teman dari lembaga sosial maupun pemerhati anak-anak baru ini kami melakukan pelatihan sosial untuk memberikan pembelajaran bagimana teknis dan upaya pelaksanaan penanganan anak-anak jalanan di lapangan,” ujar Irawadi.

Berita Lainnya
Bawaslu: 32.000 Karyawan Freeport Terancam tidak ikut Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Anggota Bawaslu Papua Ronald Manoach mengatakan sekitar 32 ribu karyawan PT Freeport Indonesia terancam tidak memilih dalam Pemilu 2019 karena ...
Pemkab Biak Numfor Larang Pejabat OPD Keluar Daerah BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua, melarang pejabat pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) keluar daerah selama persiapan sidang...
TNI Gelar Pengobatan Massal di Tingginambut PUNCAK JAYA, TAJUKTIMUR.COM - Tim Pembinaan Masyarakat TNI/Polri bersama dengan Kodim 1714/Puncak Jaya menggelar bakti sosial berupa pengobatan massal dan pembagian paket...
Polda Papua Kirim Tim Kesehatan ke Sulteng JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengirimkan tim kesehatan dan trauma healing atau psikologi untuk membantu warga Palu, Sigi, dan Donggala, di S...
Polres Paniai Siap Amankan PSU di Deiyai JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Polres Paniai siap mengamankan pemungutan suara ulang (PSU) di dua distrik di Kabupaten Deiyai, Papua, yang dijadwalkan pada Selasa (16/10). ...
Kanal: Papua