Loading...

Dinsos Kota Jayapura Bina Ratusan Anak Jalanan

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM —- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Jayapura, Provinsi Papua, tengah membina sebanyak 158 anak jalanan di kota itu agar mereka dapat lebih kreatif dalam menyikapi perkembangan hidup.

Kepala Dinsos Kota Jayapura Irawadi di Jayapura, Jumat, mengatakan jumlah anak jalanan yang sedang dibina tercatat sebanyak 158 orang anak.

“Akan tetapi jumlah ini masih terbagi lagi ada anak yang betul-betul hidup di jalanan, ada anak-anak yang ikut-ikutan dengan anak-anak yang hidup di jalanan, orang tuanya ada,” katanya.

Menurut Irawadi, pihaknya berupaya membina anak-anak jalanan tersebut agar kelak bisa bersaing dalam kehidupan di masa mendatang.
Untuk membinan anak jalanan, kata dia, pihaknya bekerja sama dengan beberapa lembaga-lembaga sosial untuk melakukan penanganan baik berupa pembinaan dari sisi rohaninya maupun pemberian keterampilan-keterampilan bagi anak-anak terlantar ini.

“Untuk di kami itu anak-anak terlantar itu dibiayai dari dana otonomi khusus (otsus) kemudian kami bekerja sama dengan beberapa lembaga lembaga kesejahteraan sosial,” ujarnya.

“Yang menjadi beban kita adalah anak-anak ini berusia sekolah dan diwajibkan untuk harus bersekolah di tempatnya masing-masing tetapi karena ada beberapa faktor yang menyebabkan dia tidak melanjutkan sekolahnya,” sambungnya.

Salah satu faktor yakni orang tua yang tidak bisa membina/mengawasi anak-anaknya, ada faktor “broken home” dari orang tuanya, ada juga karena anak-anak ini ikut-ikutan dengan anak-anak yang hidup di jalanan.

“Sehingga kami dengan teman-teman dari lembaga sosial maupun pemerhati anak-anak baru ini kami melakukan pelatihan sosial untuk memberikan pembelajaran bagimana teknis dan upaya pelaksanaan penanganan anak-anak jalanan di lapangan,” ujar Irawadi.

Berita Lainnya
Menkominfo Siapkan Terobosan Palapa Ring Wilayah Timur JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan jika progres Palapa Ring wilayah timur membutuhkan waktu lebih lama...
Anggaran Operasional DPRD Biak Numfor Diusulkan Masuk APBN BIAK, TAJUKTIMUR.COM — Alokasi anggaran untuk operasional pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Biak Numfor, Papua diusulkan masuk APBN sehingga penyalu...
Jokowi Terima Lalu Zohri di Istana Bogor BOGOR, TAJUKTIMUR.COM -- Presiden Joko Widodo menerima juara dunia lari 100 meter U-20 Lalu Muhammad Zohri di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Ra...
KPU Biak Numfor Baru Terima Pendaftaran Bakal Caleg Empat Partai BIAK, TAJUKTIMUR.COM -- Batas akhir pendaftaran bakan calon legislatif (bacaleg) dari partai politik peserta Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU...
Rudiantara Siap Bangun 44 BTS di Puncak Jaya WANENA, TAJUKTIMUR.COM — Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berjanji akan membangun 44 unit BTS (Base Transceiver Station) seb...
Kanal: Papua