Loading...

DPR Inginkan PLTMG Papua Lebih Dioptimalkan

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Wakil Ketua Komisi VII DPR Ridwan Hisjam menginginkan agar Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Papua dan Papua Barat dapat lebih dioptimalkan agar meningkatkan rasio elektrifikasi di daerah setempat.

“Komisi VII akan terus mendorong agar program Papua Terang dapat berjalan dengan baik,” kata Ridwan Hisjam dalam rilis, Selasa.

Menurut dia, hingga saat ini PLTMG yang dioperasikan dinilai belum optimal karena listrik masih belum tersebar hingga ke berbagai daerah-daerah pelosok Papua.

Politisi Golkar itu mengutarakan harapannya agar seluruh desa di Papua bisa menikmati listrik antara lain karena PLTMG dinilai bagus dan ramah lingkungan.

Selain itu, ia juga menginginkan adanya berbagai terobosan baru dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Papua untuk dapat meningkatkan aliran listrik.

Sebagaimana diwartakan, PT PLN (Persero) Wilayah Papua dan Papua Barat (PWP2B) membangun sejumlah pembangkit listrik tenaga minyak gas (PLTMG) berskala 10-50 megawatt di beberapa kota di Papua untuk mendukung ketersediaan daya listrik.

Asisten Analis Komunikasi PWP2B Septian Pujianto ketika dihubungi dari Timika, Papua, Rabu (8/8), mengatakan beberapa proyek PLTMG yang prosesnya sedang dikerjakan yaitu PLTMG Merauke dan PLTMG Biak, masing-masing berkapasitas 10 megawatt.

PLTMG Timika berkapasitas 50 megawatt belum mulai dikerjakan lantaran menunggu rampungnya perizinan (Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan) oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Ada dua tempat yang PLTMG-nya sudah beroperasi yaitu PLTMG Nabire berkapasitas 20 megawatt dan PLTMG Jayapura berkapasitas 50 megawatt. Dalam waktu dekat ini akan beroperasi lagi PLTMG Sorong berkapasitas 50 megawatt,” jelas Septian.

Pembangunan PLTMG di beberapa kota di Papua dan Papua Barat itu, katanya, juga sebagai bentuk komitmen PLN guna mendukung penyelenggaraan pesta olahraga PON ke-20 pada 2020 yang dilaksanakan di Papua.

Berita Lainnya
Pemprov Papua Usulkan Tes Penerimaan CASN secara “Pffline” JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua bersama 28 kabupaten dan satu kota menyepakati tes penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) tahun anggaran 2018 ...
16 Parpol di Biak Numfor Gelar Deklarasi Kampanye Damai BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua, mendeklarasikan kampanye damai bersama 16 partai politik peserta Pemilu 2019, di Biak, Se...
Gubernur Lukas Optimistis Pelaksanaan Pemilu 2019 Lancar JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Papua Lukas Enembe optimistis pelaksanaan Pemilu 2019 baik pemilihan presiden maupun anggota legislatif akan berjalan lancar, melihat ...
Dinas Perikanan Jayapura Bagikan 450 Ton Benih Ikan Nila JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura, Papua, membagikan 450 ribu ton benih ikan nila kepada masyarakat dan petani budi daya ikan di ...
Dubes Amerika Dukung Divestasi Saham Freeport TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr mendukung kebijakan Presiden Indonesia Joko Widodo terkait divestasi saham PT Fre...
Kanal: Papua