Loading...

DPRP Serahkan Berkas Paslon Pilgub ke KPU Papua

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Panitia khusus (Pansus) pemilihan gubernur (Pilgub) Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) menyerahkan berkas atau dokumen kedua bakal pasangan calon (paslon) pemilihan gubernur (pilgub) Lukas Enembe-Klemen Tinal dan John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae kepada KPU setempat.

Berkas paslon itu diserahkan langsung oleh Ketua Pansus Pilgub DPRP Thomas Sondegau didampingi Ketua DPRP Yunus Wonda kepada Ketua KPU Adam Arisoy didampingi komisioner Isak R Hikoyabi di sekretariat KPU, Jalan Soa Siu, Kota Jayapura, Senin malam.

“Kami minta maaf baru bisa datang malam ini bersama Pansus, karena tadi siang kami baru terima berkas dari MRP di DPRP,” kata Ketua DPRP Yunus Wonda dalam sambutan penyerahan berkas/dokumen hasil verifikasi orang asli Papua dari MRP.

Menurut dia, Majelis Rakyat Papua (MRP) sudah melaksanakan tugasnya yakni memberikan pertimbangan keabsahan sebagai orang asli Papua kepada dua bakal paslon gubernur/wakil gubernur.

“MRP sudah laksanakan tugasnya selama tujuh hari, sebagaimana kesepakatan yang diberikan oleh KPU dengan restu Bawaslu Papua. Sementara tugas kita di DPRP adalah bagaimana memberikan penguatan kepada KPU,” katanya.

Yunus mengaku bahwa DPRP telah sepakat untuk mendukung KPU Papua dalam melaksanakan dan mensukseskan pilkada damai di Papua.

“Kami sudah sepakat dengan KPU untuk sukseskan pilkada, dan kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung,” kata Yunus.

Sementara itu, Adam Arisoy mengapresiasi kepada DPRP dan pansus-nya yang telah datang dan hadir mengantar berkas kedua paslon gubernur.

“Saya bangga karena hari ini bisa hadir (bawa berkas paslon,red) dan besok tanggal 20 Februari 2018 kami gelar rapat pleno penetapan bakal paslon jadi calon dan selanjutnya pada tanggal 21 Februari 2018, melakukan pencabutan nomor urut dan selanjutnya mengatur jadwal kampanye,” kata Adam Arisoy.

Usai menyerahkan berkas bakal paslon, Ketua KPU dan Ketua DPRP bersama masing-masing anggota berposes bersama, namun sebelumnya dilakukan tanda tangan berita acara penerimaan berkas.

(as)

Berita Lainnya
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua Pilkada