Loading...

Gempa 5,2 SR guncang Kabupaten Yalimo Papua

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa bumi berkekuatan 5,2 Skala Richter mengguncang Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, Senin malam.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan gempa tektonik di wilayah Kabupaten Yalimo itu terjadi pada pukul 22.03 WIT.

Hasil analisis BMKG menunjukkan awalnya gempa berkekuatan 5,6 SR, namun selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,2 SR.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,64 Lintang Selatan (LS) dan 139,53 Bujur Timur (BT) atau tepatnya di darat pada jarak 22 kilometer arah timur laut Kota Elelim, Kabupaten Yalimo di kedalaman 51 kilometer.

Dia mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa itu  merupakan jenis dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Kabupaten Yalimo ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar geser (strike slip),” ujarnya. 

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat dan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Wamena III MMI, Jayapura dan Sentani II-III MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Dia mengatakan hingga pukul 20.30 WIB, hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). 

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Berita Lainnya
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua