Loading...

Ini Harapan DPRP Terhadap Pilkada Papua 2018

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) berharap pelaksanaan pilkada baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di wilayah itu tidak berakhir di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Papua Bidang Politik, Hukum, HAM dan Pemerintahan Ruben Magay mengatakan, masing-masing wilayah harus menjaga suaranya sehingga tidak bermuara di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk putusan akhirnya.

“Dalam pelaksanaan pilkada harus tetap menjaga kedamaian, keamanan dan jangan saling menjelekkan, sehingga tidak merugikan pihak lain yang tidak mengetahui permasalahan,” katanya.

Menurut Ruben, stabilitas Papua harus tetap dijaga supaya dalam pilkada 2018 dapat terselenggara dengan aman baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Masyarakat juga diimbau tidak saling hantam menghantam, di mana dengan dukungan dari semua pihak artinya masyarakat sedang menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa masyarakat juga harus menjaga keamanan di lingkungan masing-masing sehingga persoalan pilkada baik di provinsi dan kabupaten/kota tidak harus selalu berakhir di MK.

“Semua pihak harus harus tetap tenang dan memberikan ruang kepada lembaga penyelenggara, yakni KPU dan Bawaslu untuk menjalankan tugasnya sehingga pilkada dapat berjalan sukses,” katanya.

Dia menambahkan, tidak hanya masyarakat dan pihak penyelenggara, tim sukses masing-masing pasangan calon juga harus mengedepankan kedamaian dan keamanan selama pelaksanaan pilkada sehingga dapat tercipta Papua damai.

(as)

Berita Lainnya
Pemkot Jayapura kerahkan bantuan untuk korban banjir JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah kota Jayapura, Papua mengerahkan bantuan untuk masyarakat yang...
Hujan Deras akibatkan banjir dan tanah longsor di Sebagian Kota Jayapura JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah kawasan di Kota Jayapura dan sekitarnya Sabtu pagi terdampak ban...
Kapolres: Seorang anggota KKB ditangkap di Mulia JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Paku Wanimbo, salah seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) ya...
Bupati dan Wakil Bupati Deiyai Terpilih Dilantik, Ini Pesan Lukas Enembe JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Papua, Lukas Enembe secara resmi melantik Bupati dan Wakil Bupat...
BMKG: Waspada gelombang tinggi di Papua-Papua Barat JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jay...
Kanal: Papua Pilkada