Loading...

Jayawijaya Sebagai Penyangga Ketahanan Ikan Air Tawar

WAMENA, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Provinsi Papua menetapkan Kabupaten Jayawijaya menjadi satu daerah penyangga ketahanan ikan air tawar untuk memenuhi kebutuhan PON XX yang rencananya berlangsung di Papua.

Kepala Bidang Perikanan Budi Daya, Dinas Kelautan dan Perikanan Papua Carlos Matuan saat di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu, mengatakan kini Jajyawijaya difokuskan sebagai daerah pembibitan, induk ikan, pakan dan kolam.

Untuk mendorong tercapainya rencana itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Papua pada tahun 2018 mulai memberikan dukungan dan akan berlangsung hingga tahun 2020 mendatang.

“Wamena juga akan menjadi penyelenggara PON XX maka kita fokus untuk menjaga pangan ikan lokal mulai tahun 2018,2019 dan 2020 untuk kebutuhan atlit, oficial dan penonton,” katanya.

Ia mengatakan pada 2018 Dinas Kelautan dan Perikanan Papua membantu tujuh kelompok pembudi daya ikan air tawar dengan pembukaan kolam berukuran 10 X 20 meter persegi serta bantuan dana.

pemerintah juga sudah menyerahkan bantuan benih ikan jenis nila sebanyak 500 ekor dan empat ton pakan kepada petani ikan di Kampung Wouma.

Jumlah itu terdiri dari 200 bibit ikan jantan dan 300 betina serta satu ton pakan juga diserahkan kepada kelompok pembudi daya ikan dari Distrik Kimbim.

“Kita harap induk ikan ini bisa menghasilkan benih yang bisa dikelola oleh masyarakat sehingga tidak perlu mendatangkan lagi dari Jayapura, dan uangnya bisa berputar di sini tanpa harus keluar dari Jayawijaya,” katanya.

Beberapa kabupaten yang juga dipersiapkan sebagai penyangga ketersediaan ikan misalnya Mimika, Yapen dan Biak, Merauke dan Kota Jayapura.

Berita Lainnya
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Tiga TNI tewas dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Tiga anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Nanggala dilaporkan tewas da...
Polda Papua tetapkan Jafar Umar Thalib tersangka perusakan di Koya JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua menetapkan Jafar Umar Th...
Kanal: Papua