Loading...

Kapolda: Hoax Marak di Medsos Jelang Pilkada Papua

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Konten berita bohong atau hoax di jejaring media sosial jelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 dinilai cukup marak. Hal ini berdasarkan hasil patroli yang dilakukan Satgas Anti Hoax Polda Papua sejak akhir Januari lalu.

Fakta ini diungkapkan Kapolda Papua, Irjen Pol. Boy Raflir Amar saat ditemui wartawan usai Deklarasi Anti Hoax di Taman Imbi, Kota Jayapura, Selasa (13/03).

Kapolda mengatakan, temuan berita bohong oleh Satgas Anti Hoax cukup banyak. Namun, lanjutnya, tak semua temuan itu diproses hukum oleh pihaknya.

“Semua tidak berujung ke proses hukum, tetapi diselesaikan dengan cara kita berika edukasi atau melakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan,” ujarnya.

Kendati demikian, kata Kapolda, penyebar konten berita bohong yang mengandung ujaran kebencian hingga mengarah pada timbulnya konflik sara tetap akan berhadapan dengan hukum.

“Bagi siapa saja yang suka mengirimkan kabar bohong atau bahkan Cuma sekedar iseng mendistribusikan harap berhati-hati, karena bisa kena pidana 6 tahun penjara dan denda Rp. 1 miliard,” tambahnya.

Ia pun mengaku berdasarkan hasil penelusuran tim Satgas Anti Hoax, diketahui bahwa berita bohong tersebut kerap disebar oleh pengguna media sosial dari luar Papua.

“Ada pengguna medsos yang menyebar hoax dari luar Papua. Ini fakta yang kami temukan dari hasil tracing terkait asal usul para penyebar hoax tersebut,” katanya.

Sementar itu, lanjut Kapolda, Satgas Anti Hoax juga akan berupaya menangkal berita bohong tersebut dengan menyebar luaskan konten informasi yang benar dan positif yang dibutuhkan masyarakat.

“Tim ini juga melakukan propaganda positif sehingga masyarakat kita tidak terbodohi atau terprovokasi oleh informasi bohong,” pungkasnya.

(fr)

Berita Lainnya
Pemprov Papua Agendakan Pembahasan Pembagian Saham Freeport-Inalum JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua rencananya akan menggelar pertemuan kembali gun...
Kapolres Mappi Sambangi Kampung Sumuraman JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Untuk sosialisai Pilkada damai pada pemilihan Legislatif dan Presiden 201...
Bawaslu Biak Numfor Larang Pemasangan APK di Angkutan Umum BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Biak Numfor, Papua, melarang pemasa...
SMKN 4 Jayapura Hasilkan Minuman Sehat dari Bunga Rosela JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Jayapura di Kampung...
Cegah Informasi Hoaks, RSUD Wamena Larang Pengambilan Gambar WAMENA, TAJUKTIMUR.COM - Manajemen RSUD Wamena, Jayawijaya, Papua mengeluarkan larangan pengambilan ...
Kanal: Papua Pilkada