Loading...

Kapolres: Semua Pihak Berperan Wujudkan Pilkada Damai di Mimika

TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM —- Kepala Kepolisian Resor Mimika, Papua AKBP Agung Marlianto memuji dukungan penuh seluruh komponen warga setempat dalam mendukung pelaksanaan pilkada gubernur-wakil gubernur Papua dan pilkada bupati-wakil bupati Mimika pada Rabu (27/6) yang berlangsung aman dan lancar.

AKBP Agung mengatakan tenang dan amannya penyelenggaraan tahapan pemungutan suara di seluruh Mimika bukan karena kehebatan aparat keamanan (Polri dan TNI) tetapi karena dukungan penuh semua komponen warga setempat.

“Semua pihak ikut berperan mendorong terwujudnya pelaksanaan Pilkada yang aman, damai dan lancar di Mimika baik penyelenggara, tokoh masyarakat, tokoh adat, pemuka agama, para pasangan calon dan tim pemenangannya. Semua sadar hanya melalui jalan demokrasi yang baik maka kita bisa menghasilkan pemimpin daerah untuk lima tahun ke depan,” kata Agung.

Kapolres mengatakan sebagian logistik Pilkada berupa kotak suara baik untuk Pilgub Papua maupun Pilbup Mimika sudah kembali ke Timika dan sementara ini diamankan di Gedung Eme Neme Yauware Timika sambil menunggu selesainya rapat pleno rekapitulasi suara oleh setiap Panitia Pemilihan Distrik/PPD.

Aparat keamanan diminta kawal
Sementara itu pasangan calon Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (OmTob) meminta aparat keamanan terus mengawal proses Pilkada Mimika dengan mengamankan seluruh kotak suara yang telah dibawa dari TPS di kampung-kampung dan distrik-distrik pedalaman ke Timika hingga tahapan perhitungan suara tuntas dilaksanakan.

“Kami memohon aparat keamanan supaya senantiasa mengawal kotak suara yang sudah dikirim dari pedalaman sehingga tidak ada oknum-oknum yang mengutak-atik hasil rekapitulasi suara yang telah dilaksanakan di setiap TPS. Dengan demikian, Pilkada Mimika yang awalnya amburadul ini bisa berakhir dengan baik tanpa ada lagi permasalahan-permasalahan yang timbul di kemudian hari,” kata Johannes Rettob.

Berdasarkan data riil mengacu pada Berita Acara Perhitungan Suara fom C1KWK yang diterima Sekretariat Tim Pemenangan OMTOB hingga Jumat pagi, total suara yang terkumpul sebanyak 193.583 dari jumlah 457 TPS (jumlah TPS di seluruh Mimika 650).

Dari jumlah itu, suara sah sebanyak 121.931 dan suara tidak sah sebanyak 61.652.

Untuk sementara pasangan OmTob mengungguli perolehan suara pada Pilkada Mimika yang diikuti tujuh pasangan calon dengan perolehan 36,19 persen, diikuti pasangan Hans Magal-Abdul Muis (HaM) dengan perolehan 25,27 persen dan pasangan Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra (MuSa) dengan perolehan 22,29 persen.

“Perolehan suara dari hampir seluruh distrik sudah masuk ke sekretariat Tim OmTob. Yang belum tinggal dua distrik yaitu Mimika Barat Tengah dan Mimika Barat Jauh,” jelas Johannes.

Tim OmTob memastikan memiliki salinan Berita Acara Rekapitulasi Suara dari semua TPS (form C1KWK).

“Kami pastikan di semua TPS kami memiliki berita acara C1KWK. Data yang sama itu juga pasti dimiliki oleh saksi dari paslon lain. Kami akan mengawal ketat suara kami sampai pleno di tingkat PPD hingga KPU Mimika,” kata Johannes.

Berita Lainnya
Pemkab Biak Numfor Larang Pejabat OPD Keluar Daerah BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua, melarang pejabat pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) keluar daerah selama persiapan sidang...
TNI Gelar Pengobatan Massal di Tingginambut PUNCAK JAYA, TAJUKTIMUR.COM - Tim Pembinaan Masyarakat TNI/Polri bersama dengan Kodim 1714/Puncak Jaya menggelar bakti sosial berupa pengobatan massal dan pembagian paket...
Polda Papua Kirim Tim Kesehatan ke Sulteng JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengirimkan tim kesehatan dan trauma healing atau psikologi untuk membantu warga Palu, Sigi, dan Donggala, di S...
Polres Paniai Siap Amankan PSU di Deiyai JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Polres Paniai siap mengamankan pemungutan suara ulang (PSU) di dua distrik di Kabupaten Deiyai, Papua, yang dijadwalkan pada Selasa (16/10). ...
DPRD Biak Numfor Diminta Sahkan Raperda Pengelolaan Sampah BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kabupaten Biak Numfor, Papua didesak untuk segera mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang ...
Kanal: Papua