Loading...

Kemenag Mimika Dukung Larangan Tempat Ibadah untuk Kampanye Politik

TIMIKA (TAJUKTIMUR.COM) – Jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, mendukung keputusan Majelis Ulama Indonesia setempat yang melarang penggunaan rumah ibadah sebagai ajang kampanye politik Pilkada.

Kepala Kemenag Mimika Utler Adrianus di Timika, Jumat, mengatakan rumah ibadah seperti gereja, masjid, pura dan lainnya merupakan tempat suci dan sakral yang sudah semestinya bebas dari kepentingan politik calon-calon yang maju dalam Pilkada Mimika 2018.

“Biarkanlah demokrasi berjalan sesuai dengan ketentuan. Rakyatlah yang menentukan pilihan. Tidak boleh menggunakan rumah ibadah untuk kampanye politik. Imbauan kqmi pilihlah calon sesuai hati nurani masing-masing,” kata Utler.

Kemenag menyambut baik penyelenggaraan Pilkada Mimika 2018 sebagai ajang menentukan pemimpin Mimika lima tahun ke depan.

Hanya saja proses menentukan pemimpin Mimika itu harus bermartabat, transparan, jujur dan adil.

“Kami mengingatkan KPU dan Panwaslu Mimika sebagai lembaga penyelenggara harus benar-benar independen, transparan, jujur dan adil, tidak boleh memihak salah satu calon. Selenggarakanlah pesta demokrasi ini dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran,” kata Utler.

Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar dalam putusannya pada 27 Maret lalu memerintahkan KPU Mimika untuk segera menerbitkan SK baru bagi enam pasangan calon yang akan berkompetisi pada Pilkada Mimika.

Enam pasangan calon itu, lima pasangan diantaranya berasal dari jalur perseorangan yaitu Hans Magal-Abdul Muis, Robertus Waropea-Albert Bolang, Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra, Petrus Yanwarin-Alpius Edoway dan Maria Florida Kotorok-Yustus Way.

Adapun satu-satunya paslon yang berasal dari partai politik yaitu pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob.

Pasangan Eltinus Omaleng (petahana Bupati Mimika)-Johannes Rettob diusung koalisi sembilan dari 10 parpol yang memiliki kursi di DPRD Mimika.

(as)

Berita Lainnya
Survei Indikator: Ganjar-Taj Yasin 72,4 persen, Sudirman Said 21 persen JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Pasangan calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yasin mengungguli pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah dalam survei e...
Dukungan Warga Halut ke MK-Maju Makin Solid TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Tim pemenangan MK - Maju Kasman Hi Ahmad menegaskan dukungan masyarakat Halmahera Utara (Halut) untuk Muhammad Kasuba-Abdul ...
Harga Cabai di Jayapura Tembus Rp 100 Ribu per Kilo JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM -- Harga cabai pada awal Ramadhan 1439 Hijriah di beberapa pasar tradisional yang ada di Kota Jayapura naik drastis hampir du...
Sebut Jokowi di Debat, Anton Charliyan: Cuma Ngikuti Lagu BANDUNG, TAJUKTIMUR.COM - Kandidat Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Anton Charliyan, memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) guna ...
Menteri Yohana ajak Tokoh Asmat Lindungi Perempuan dan Anak TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mengajak para tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh ...
Kanal: Papua Pilkada