Loading...

Kementerian Pariwisata Gelar Crossborder Festival di Keerom

KEEROM, TAJUKTIMUR.COM – Kementerian Pariwisata menggelar Festival Crossborder di Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (15/11/2018). Selain sebagai ajang promosi wisata, Festival ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya asli daerah dan pemersatu beragam suku budaya di Kabupaten Keerom.

Festival Crossborder yang dipusatkan di Lapangan Swakarsa ini dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Keerom, Blasius Waluyo Sejati, didampingi Kepala Bidang Area IV Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata, Syukurni dan unsur Forkopimda Keerom.

Blasius mengatakan, Festival seperti ini bukanlah yang pertama di Kabupaten Keerom. Sebab, pihaknya juga menggelar Festival Budaya Keerom yang sudah memasuki tahun ke lima di 2018.

“Kami dan masyarakat di Keerom menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang telah memberikan atensi terhadap pengembangan pariwisata di wilayah perbatasan Keerom-Papua Nugini melalui Festival Crossborder,” ujarnya.

Ia pun berharap, dengan digelarnya Festival Crossborder Keerom 2018 dapat mengangkat potensi wisata di wilayah setempat hingga diketahui wisatawan nusantara bahkan mancanegara.

“Melalui festival ini kita bisa menjual event kita dari berbagai sisi, misalnya budaya, seni, agrowisata, kuliner dan lokasi alam. Sebab, potensi wisata di Keerom ini sangat besar,” tambahnya.

Sementara itu, Syukurni menuturkan Festival Crossborder merupakan salah satu strategi Pemerintah untuk mencapai target 20 juta wisman dan 275 juta wisnus di 2019.

“Jika target ini tercapai dapat meningkatkan penerimaan devisa negara dan dampak lainnya yaitu meningkatkan serapan tenaga kerja dan indeks daya saing pariwisata Indonesia yang saat ini menduduki rangking 30 di dunia,” bebernya.

Festival Crossborder Keerom 2018 digelar selama tiga hari yakni mulai 15 hingga 17 November 2018. Berbagai macam hiburan seni tari dan budaya serta pameran ekonomi kreatif akan ditampilkan dalam festival tersebut.

Berita Lainnya
Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemda Merauke Tertibkan Miras dan Drone MERAUKE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke akan menertibkan peredaran miras berme...
Gempa Magnitudo 6,1 di Papua, BNPB: Jangan Terprovokasi Hoaks JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah melaporkan gempa ...
Gempa 6,1 Guncang Papua Sore Ini JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,1 mengguncang wilayah Keerom, Papu...
Kapendam Cendrawasih: Situasi Nduga Berangsur Normal JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, mene...
Pangdam: Tak Ada Warga Sipil Tertembak di Nduga Papua JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring memastikan ti...
Kanal: Papua