Loading...

Kementerian PUPR Prioritaskan Pembangunan Perumahan ASN Papua

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memprioritaskan pembangunan perumahan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Papua.

“Pembangunan rumah bagi ASN khususnya di Papua menjadi prioritas dan perhatian dari pemerintah pusat, apalagi dengan adanya Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT),” kata Direktur Pendayagunaan Sumber Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Adang Sutara di Jayapura, Senin.

Namun, kata dia, pihaknya masing menunggu data valid jumlah ASN Papua yang layak atau diprioritaskan untuk dibangunkan perumahan.

Menurut Adang, ada tiga program besar yang akan ditawarkan oleh pemerintah pusat kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua terkait dengan perumahan ini yakni BP2BT, Pembiayaan Swadaya Mikro Perumahan (PSMP) dan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

“Bahkan dalam waktu dekat akan mulai berfungsi Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) di mana pesertanya yang adalah ASN tidak perlu menunggu satu tahun atau lebih lama, jika kepesertaannya sudah dimulai dan siap, mungkin hak pembiayaan perumahannya akan muncul dengan sendirinya,” ujarnya.

Hal itu merupakan program besar yang hendak ditawarkan pemerintah pusat kepada daerah khususnya Papua.

“Mudah-mudahan dapat direspons, di mana yang pasti ada kuota, disamping dinilai layak maka akan diprioritaskan dan ini harus disebar di seluruh Indonesia termasuk Papua,” ujarnya.

“Untuk tahun awal akan ditawarkan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) dan Pembiayaan Swadaya Mikro Perumahan (PSMP), lalu yang kini sudah berjalan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) serta Subsidi Selisih Bunga (SSB) ditambah dengan adanya Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera),” kata Adang.

Dia menambahkan, untuk lokasi pembangunan diharapkan lahannya akan disiapkan oleh pemprov, apalagi jika mendapat lahan yang murah sehingga harganya akan lebih murah lagi bagi ASN.

Berita Lainnya
Bawaslu: 32.000 Karyawan Freeport Terancam tidak ikut Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Anggota Bawaslu Papua Ronald Manoach mengatakan sekitar 32 ribu karyawan PT Freeport Indonesia terancam tidak memilih dalam Pemilu 2019 karena ...
Pemkab Biak Numfor Larang Pejabat OPD Keluar Daerah BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua, melarang pejabat pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) keluar daerah selama persiapan sidang...
TNI Gelar Pengobatan Massal di Tingginambut PUNCAK JAYA, TAJUKTIMUR.COM - Tim Pembinaan Masyarakat TNI/Polri bersama dengan Kodim 1714/Puncak Jaya menggelar bakti sosial berupa pengobatan massal dan pembagian paket...
Polda Papua Kirim Tim Kesehatan ke Sulteng JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengirimkan tim kesehatan dan trauma healing atau psikologi untuk membantu warga Palu, Sigi, dan Donggala, di S...
Polres Paniai Siap Amankan PSU di Deiyai JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Polres Paniai siap mengamankan pemungutan suara ulang (PSU) di dua distrik di Kabupaten Deiyai, Papua, yang dijadwalkan pada Selasa (16/10). ...
Kanal: Papua