Loading...

Ketua KPU Asmat Lantik 34 Relawan Demokrasi

ASMAT, TAJUKTIMUR.COM – Ketua KPU Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Veronikus Asse melantik 34 relawan demokrasi (Relasi), guna membantu penyelenggara dalam menyukseskan pemilu pada 17 April 2019.

Pelantikan 34 relawan diawali dengan penyematan kartu nama oleh Veronikus Asse, yang disaksikan empat komisioner KPU Asmat yakni Aloysia Harare, Jufri Toatubun, Antoni Bassay Anakota dan Rachman Hidayat.

“Relawan demokrasi akan membantu KPU Asmat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 17 April mendatang,” kata Ketua KPU Asmat Veronikus Asse di Agats, Sabtu (16/2).

Veronikus mengatakan bahwa para relawan tersebut merupakan rekan kerja KPU. Mereka bertugas memberikan pemahaman kepada warga tentang pentingnya pemilihan umum, sehingga warga menggunakan hak pilihnya pada saat pesta demokrasi.

“Semakin banyak warga menggunakan hak pilih, maka partisipasi akan tinggi. KPU Asmat menargetkan partisipasi pemilih pada 2019 ini di atas 90 persen,” ujarnya.

Ia mengharapkan para relawan dapat menjalankan peran dan fungsi secara maksimal di wilayah kerjanya masing-masing, sehingga partisipasi pemilih pada 2019 mengalami peningkatan.

“Relasi adalah pioner dalam memberikan penyadaran politik kepada warga. Relawan harus bisa mendorong warga untuk datang ke TPS pada 17 April nanti,” kata dia.

Veronikus menambahkan bahwa para relawan tersebut akan disebar di sepuluh basis atau sasaran sosialisasi, yakni basis keluarga, pemilih pemula, pemilih pemuda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, basis berkebutuhan khusus, kaum marginal, komunitas, keagamaan dan warganet.

“Relawan harus bersikap netral, tidak berpihak kepada calon siapapun. Tugas relawan itu mengajak warga ke TPS, mengedukasi warga agar tidak golput dan memberitahukan tata cara pemilihan,” katanya.

Berita Lainnya
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
KPU Maluku Utara jadwalkan pemasangan iklan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) menjadwalkan pem...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua Pemilu