Loading...

KPU Biak Numfor Perbanyak Jumlah TPS untuk Pemilu 2019

BIAK, TAJUKTIMUR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan memperbanyak jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pemilihan umum legislatif dan Pemilihan Presiden/wakil Presiden 2019, menjadi sebanyak 464 TPS, dari jumlah TPS yang diberlakukan pada Pilkada 2018 sebanyak 360 unit..

Sekretaris KPU Kabupaten Biak Numfor Agus Filma di Biak, Rabu mengatakan penambahan jumlah TPS di Kabupaten Biak Numfor dari 360 saat pilkada serentak 2018 menjadi sebanyak 464 TPS karena adanya ketentuan untuk setiap TPS maksimal sebanyak 300 data pemilih tetap.

“Pada Pemilu 2019 akan ada lima surat suara yang akan dicoblos pemilih yakni surat suara pemilihan legislatif DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta surat suara pemilihan Presiden,” ujar Agus Filma.

Ia mengatakan dengan adanya pembatasan jumlah pemilih tetap setiap TPS diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menyalurkan hak pilih pada Pemilu 2019.

Agus mengakui untuk petugas penyelenggara pemungutan suara Pemilu 2019 dan Pilpres akan diberikan bimbingan teknis sebagai bekal dalam menjalankan tugas di setiap tempat pemungutan suara.

Sementara itu, Komisioner KPU Biak Johanis Lalihatu mengakui dengan adanya pembatasan jumlah pemilih di setiap TPS akan mempercepat waktu pemberian hak piliha warga dari pukul 07.00 WIT hingga jam 13.00 WIT.

“Pembatasan jumlah pemilih tetap di setiap TPS telah dilakukan uji coba oleh KPU, ya karena adanya pembatasan? pemilih tetap maka berdampak dengan peningkatan jumlah TPS di Kabupaten Biak Numfor,” ujar Lalihatu.

Berdasarkan data pemilih tetap Pilkada serentak 2018 di Kabupaten Biak Numfor terdaftar sebanyak 93.351 pemilih tersebar di 19 panitia pemilihan distrik dan 265 panitia pemungutan suara kampung/kelurahan.

Berita Lainnya
Kemenhub Kebut Pembangunan Terminal Bandara Timika TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - Jajaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perh...
Pemkab Biak Numfor Prioritaskan Bantuan Rumah untuk ASN BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua pada 2018 memprioritaskan bantuan rum...
Bupati Tolikara Resmikan Pasar Daging dan Sayur Distrik Bokondini TOLIKARA, TAJUKTIMUR.COM - Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo meresmikan Pasar Daging dan Sayur di Di...
Bawa Satu Kilogram Ganja, Polisi tangkap TKBM Pelabuhan Jayapura JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Petugas Polsek Pelabuhan Laut Jayapura menangkap tenaga kerja bongkar mua...
Whatsapp Teliti Hoaks Selama Kampanye Pemilu di Indonesia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Platform media sosial percakapan Whatsapp meneliti hoaks atau kebohongan s...
Kanal: Papua Pemilu