Loading...

KPU Jayawijaya: Partai Hanura dan PKPI Tidak Miliki Keanggotaan

WAMENA (TAJUKTIMUR.COM) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, memastikan dua partai politik, yakni Hanura dan PKPI tidak memiliki keanggotaan di dewan pengurus cabang di daerah itu.

“Hanura dan PKPI tidak ada anggotanya di Sistem Informasi Politik (sipol) sehingga kami tidak lakukan verifikasi. Mereka yang tidak ada kepesertaan ini terancam tidak masuk sebagai peserta Pemilu 2019,” kata Welius Wetipo dari Divisi Hukum KPU Jayawijaya di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, kemarin.

Verifikasi faktual terhadap partai politik di Jayawijaya dilakukan selama tiga hari, yaitu terhadap PAN, Golkar, Demokrat, Nasdem, PDIP, PKB, PKS, PPP, Gerindra dan PBB.

“Kemarin kita laksanakan di dua partai yaitu PAN dengan Golkar, hari ke dua kami lakukan terhadap delapan (8) partai, kemudian dua partai, yaitu Hanura dengan PKPI kami tidak lakukan karena keanggotaannya tidak ada di Sipol,” katanya.

Ia memastikan keputusan terhadap dua partai yang tidak diverifikasi menjadi kewenangan KPU RI.

“Terkait tindak lanjut atau keputusan selanjutnya, kami sedang menunggu tindak lanjut dari KPU pusat,” katanya.

Hasil verifikasi yang dilakukan oleh KPU Jayawijaya, rencananya diserahkan kepada KPU Privinsi Papua pada 7 Februari 2018.

“Berita acara yang ada juga akan kami serahkan ke parpol masing-masing, kemudian salinannya kita bawa ke provinsi,” katanya.

Verifikasi faktual yang dilakukan itu meliputi persebaran keanggotaan di distrik, kartu anggota partai dan kartu tanda penduduk (KTP) sebagaimana data yang disampaikan dalam Sipol.

“Seperti Partai Hanura, itu kami sudah hubungi DPC kami tidak dapat informasi dan terakhir kami pergi ke kantornya, tidak ada pengurus,” katanya.

(fr)

Berita Lainnya
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua Pilkada