Loading...

KPU Jayawijaya Sosialisasi Pilkada Kepada 13.840 Pemilih Pemula

WAMENA (TAJUKTIMUR.COM) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua menggelar sosialisasi tentang tata cara dan syarat pemilihan kepala daerah (pilkada) kabupaten dan provinsi yang menyasar sebanyak 13.840 pemilih pemula yang tersebar di 40 distrik di kabupaten itu.

Komisioner KPU Jayawijaya bagian Divisi Sosialisasi Markus Way di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu, mengatakan sebagian besar pemilih pemula yang mendapat pendampinga itu berada di sekolah-sekolah dan sejauh ini KPU telah melakukan sosialisasi di 14 SMA/SMK.

“Ini kewajiban kami untuk sosialisasi atau pendampingan kepada pemilih pemula, termasuk ke sekolah-sekolah dan dari 20 SMA/SMK di Jayawijaya, tinggi enam sekolah lagi yang belum kami kunjungi,” katanya.

Menurut dia, rata-rata pelajar SMA/SMK di wilayah Ibu Kota Jayawijaya sudah memahami tata cara dan syarat pemilu.

“Sementara anak-anak (calon pemilih pemula) yang ada di luar kota hampir sebagian besar kurang memahami apa itu pemilu, namun setelah kami jelaskan di sekolah-sekolah, akhirnya mereka paham,” kataya.

Sosialisasi bagi pemilih pemula itu, menurut dia, melibatkan perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jayawijaya.

Saat mengunjungi pelajar di SMA Negeri 1 Wamena beberapa waktu lalu, KPU Jayawijaya juga menggelar sosialisasi tentang pencegahan politik uang pada pesta pemilihan kepala daerah.

“Dari Devisi Hukum KPU sudah sampaikan kepada anak-anak atau pemilih pemula ini, karena itulah tantangan-tantangan yang akan dihadapi pada pilkada serentak. Misalnya ada `money` politik, ribut-ribut (konflik pilkada),” kata Markus Way seperti dirilis Antara, Rabu (6/9)

Pihak KPU mengatakan pejabat kepala daerah yang dihasilkan dari politik uang atau `money` politik tidak akan bekerja baik.

“Kita ajak mereka untuk pilih figur yang mereka rasa mampu membawa masa depan bangsa dan negara, terutama daerah. Dan mereka sangat terima dengan apa yang kami sampaikan,” katanya.

(ant/and)

Berita Lainnya
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua Pilkada