Loading...

KPU: JWW-HMS Periksa Urine di BNN Papua

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Adam Arisoy mengatakan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jhon Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae (JWW-HMS) sudah menjalani pemeriksaan urine di Badan Narkotika Nasional setempat sebagai salah satu syarat menjadi peserta pilkada 2018.

“Tadi pagi pasangan JWW-HMS tadi siang periksa urine di BNN,” kata Adam Arisoy di Kota Jayapura, Papua, Kamis (10/1).

Menurut dia, seharusnya rangkaian pemeriksaan urine, kesehatan dan psikologi dilakukan sejak 8 Januari 2018, atau sejak hari pertama pendaftaran di KPU, namun para bakal pasangan calon baru mendaftar pada hari kedua dan ketiga, sehingga pemeriksaannya baru dilakukan sejak Rabu (10/1) siang.

“Jadi tahapan pemeriksaan kesehatan itu mulai dari tanggal 8 Januari 2018, tetapi para bakal pasangan calon mendaftar pada hari kedua dan ketiga, sehingga setelah mereka menerima rekomendasi dan tanda terima memenuhi syarat, baru selanjutnya diarahkan dan mulai Rabu sore,” katanya.

“Rabu kemarin itu, bakal pasangan calon Lukas Enembe dan Klemen Tinal (LukMen) yang pertama melakukan pemeriksaan narkoba di BNN Papua dan tadi pagi juga pasangan JWW-HMS telah melakukan pemeriksaan yang sama,” katanya.

Sementara untuk pemeriksaan kesehatan, kata Adam, pasangan LukMen telah ke RSUD Dok II Jayapura melakukan serangkaian pemeriksaan yang langsung ditangani oleh dokter ahli, sebagaimana petunjuk teknis dan aturan yang berlaku.

“Pasangan Lukmen tadi pagi sudah periksa kesehatan. Klemen Tinal sudah lewati 16 item pemeriksaan kesehatan hingga tes psikologi. Sedangkan Lukas Enembe, tes psikologi akan dilakukan pada Senin mendatang, karena tadi harus izin berangkat untuk suatu pertemuan di Jakarta,” katanya.

Adam menambahkan bakal pasangan calon JWW-HMS, pada Jumat (12/1) pagi dijadwalkan akan periksa kesehatan dan tes psikologi di RSUD Dok II Jayapura.

Secara terpisah, pemeriksaan urine ini mendapat tanggapan dari bakal calon gubernur Jhon Wempi Wetipo (JWW) usai ikuti tes di Kantor BNN Provinsi Papua yang terletak di kompleks Aryoko, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

“BNN ini harus didukung dan diperkuat sehingga bisa mencegah dan melindungi warga dari bahaya dan pengaruh narkoba. Kedepan pemerintah daerah harus menggandeng BNN dalam setiap kesempatan,” kata JWW.

JWW yang juga Bupati Jayawijaya datang ke Kantor BNN Papua pada pukul 11.00 WIT dengan menggunakan mobil Avanza dan sementara wakilnya Habel Melkias Suwae menggunakan mobil Land Cruiser, didampingi pendukung mereka.

Pemeriksaan urine itu dipimpin dan disaksikan langsung oleh Kepala BNN Papua Abdul Kadir, Komisioner KPU Papua Beatrix Wanane dan anggota Bawaslu Papua Anugrah Patta.

Kepala BNN Papua Abdul Kadir mengatakan tes urine ini memang wajib diikuti oleh seluruh pasangan bakal calon kepala daerah, sebab itu sudah menjadi amanah dari undang-undang.

“Apapun prosesnya. itu semua sama dilakukan. Nanti, tinggal tergantung hasilnya. Hasil tes urine, hari ini juga akan diserahkan langsung ke KPU Papua,” katanya.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Tiga TNI tewas dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Tiga anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Nanggala dilaporkan tewas da...
Polda Papua tetapkan Jafar Umar Thalib tersangka perusakan di Koya JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua menetapkan Jafar Umar Th...
Kanal: Papua Pilkada