Loading...

KPU Papua Bantah Adanya Pembatalan Calon

WAMENA (TAJUKTIMUR.COM) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua memastikan isu yang berkembang tentang pembatalan pasangan calon tunggal Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya sebagai peserta pilkada akibat lambat menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara tidak benar.

Komisioner KPU Papua Tarwinto ketika dihubungi dari Jayawijaya, Selasa, mengatakan KPU tidak membatalkan pasangan tunggal calon kepala daerah itu sebab mereka sudah menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Tidak dibatalin. Jadi begini, John Banua (calon) itu menyerahkan tanggal 23 Januari, tanggal itu kalau di surat keterangan (SK) tahapan, itu masih masuk dalam tahapan perbaikan. Jadi tidak terlambat. Tidak ada masalah,” katanya.

Komisioner dari Divisi Hukum KPU Papua ini mengatakan saat itu KPU Jayawijaya melakukan pendaftaran peserta pemilu sebanyak dua kali karena hingga waktu penutupan pendaftaran tahap pertama, hanya satu pasangan calon yang terdaftar.

“Perpanjangan pendaftaran itu dari tanggal 19-21 Januari sehingga untuk perbaikan LHKPN itu diperpanjang juga dari tanggal 28 hingga 29 Januari, sedangkan dia menyerahkan laporan tanggal 23 Januari sehingga tidak terlambat,” katanya.

Tarwinto mengatakan, tidak mengetahui pasti besaran LHKPN pasangan tersebut, namun KPU sudah menerima tanda terima LHKPN yang diberikan oleh KPK kepada calon Jayawijaya.

“Tanda terima itu sudah kami terima. Kalau terkait besaran LHKPN itu saya tidak tahu persis, sebab kita KPU hanya menerima tanda terima bahwa itu sudah melaporkan kekayaan kepada KPK,” katanya.

Ketua KPU Jayawijaya Adi Wetip melalui pesan singkat mengatakan KPU Papua dan KPU Jayawijaya sudah melakukan jumpa pers terkait LHKPN calon Jayawijaya di Kota Jayapura beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data resmi yang dipublikasikan KPK melalui http://kpk.go.id/id/pantau-pilkada-Indonesia, calon bupati Jayawijaya memiliki harta kekayaan Rp23.993.404.298 dan Calon Wakil Bupati Jayawijaya Rp8.079.474.886.

(as)

Berita Lainnya
Sigit Sosiantomo Ajak Kader PKS Jatim Menangkan Gus Ipul-Puti Pada Pilgub Jatim 2018 SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM – Anggota Komisi V DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) , Sigit Sosiantomo mengajak seluruh kader PKS di Jawa Timur (...
Polisi Belum Ketahui Pelaku Penembakan Pesawat di Kenyam JAYAWIJAYA, TAJUKTIMUR.COM —- Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Reba mengakui pihaknya belum mengetahui pelaku penembakan pesawat twin otter milik Demonim ...
KPU: Empat Kabupaten di Papua Belum Laporkan DPS Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Sebanyak empat dari 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua belum melaporkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pemilu 2019. ...
Lebih dari 60 Ribu Massa Hadiri Kampanye Akbar MK-Maju BACAN, TAJUKTIMUR.COM -- Ribuan massa yang datang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara, tumpah ruah ...
Hanya Restui MK-Maju, Presiden PKS: Minimal 45 Persen di Halsel! BACAN, TAJUKTIMUR.COM -- Presiden PKS menegaskan bahwa PKS hanya merestui pasangan Muhammad Kasuba - Madjid Husen (MK-Maju) untuk maju sebagai calon G...
Kanal: Papua Pilkada