Loading...

KPU Papua Bantah Adanya Pembatalan Calon

WAMENA (TAJUKTIMUR.COM) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua memastikan isu yang berkembang tentang pembatalan pasangan calon tunggal Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya sebagai peserta pilkada akibat lambat menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara tidak benar.

Komisioner KPU Papua Tarwinto ketika dihubungi dari Jayawijaya, Selasa, mengatakan KPU tidak membatalkan pasangan tunggal calon kepala daerah itu sebab mereka sudah menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Tidak dibatalin. Jadi begini, John Banua (calon) itu menyerahkan tanggal 23 Januari, tanggal itu kalau di surat keterangan (SK) tahapan, itu masih masuk dalam tahapan perbaikan. Jadi tidak terlambat. Tidak ada masalah,” katanya.

Komisioner dari Divisi Hukum KPU Papua ini mengatakan saat itu KPU Jayawijaya melakukan pendaftaran peserta pemilu sebanyak dua kali karena hingga waktu penutupan pendaftaran tahap pertama, hanya satu pasangan calon yang terdaftar.

“Perpanjangan pendaftaran itu dari tanggal 19-21 Januari sehingga untuk perbaikan LHKPN itu diperpanjang juga dari tanggal 28 hingga 29 Januari, sedangkan dia menyerahkan laporan tanggal 23 Januari sehingga tidak terlambat,” katanya.

Tarwinto mengatakan, tidak mengetahui pasti besaran LHKPN pasangan tersebut, namun KPU sudah menerima tanda terima LHKPN yang diberikan oleh KPK kepada calon Jayawijaya.

“Tanda terima itu sudah kami terima. Kalau terkait besaran LHKPN itu saya tidak tahu persis, sebab kita KPU hanya menerima tanda terima bahwa itu sudah melaporkan kekayaan kepada KPK,” katanya.

Ketua KPU Jayawijaya Adi Wetip melalui pesan singkat mengatakan KPU Papua dan KPU Jayawijaya sudah melakukan jumpa pers terkait LHKPN calon Jayawijaya di Kota Jayapura beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data resmi yang dipublikasikan KPK melalui http://kpk.go.id/id/pantau-pilkada-Indonesia, calon bupati Jayawijaya memiliki harta kekayaan Rp23.993.404.298 dan Calon Wakil Bupati Jayawijaya Rp8.079.474.886.

(as)

Berita Lainnya
Dinas Perikanan Jayapura Bagikan 450 Ton Benih Ikan Nila JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura, Papua, membagikan 450 ribu ton benih ikan nila kepada masyarakat dan petani budi daya ikan di ...
Dubes Amerika Dukung Divestasi Saham Freeport TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr mendukung kebijakan Presiden Indonesia Joko Widodo terkait divestasi saham PT Fre...
Gubernur Lantik Bupati dan Wakil Bupati Puncak dan Mamberamo Tengah JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Papua Lukas Enembe melantik Bupati-Wakil Bupati Puncak Willem Wandik-Pelinus Balinal, dan Bupati-Wakil Bupati Mamberamo Tengah (Mamten...
KPU Biak Numfor Terima Laporan Dana Kampanye 16 Parpol BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menerima pelaporan awal dana kampanye untuk 16 partai politik peserta Pemilu 2019. "Pe...
Bawaslu Minta Gubernur Malut Tunda Kunjungan ke Daerah PSU TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) meminta Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba (AGK) untuk tidak melakukan kunjungan kerja (kuker...
Kanal: Papua Pilkada