Loading...

KPU Papua Segera Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pilgub

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM —- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua segera menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan gubernur (pilgub) Papua, yang dijdwalkan Minggu (8/7) hingga Senin (9/7) di Kota Jayapura.

“Berbagai persiapan tentang rencana pelaksanaan rapat pleno itu sudah dilakukan, termasuk undangan,” kata komisioner KPU Papua Tarwinto kepada Antara di Jayapura, Sabtu.

Ia mengatakan pleno akan dilaksanakan di salah satu hotel yang berlokasi di jalan raya Abepura, Distrik Abepura, Kota Jayapura, yang akan dimulai pukul 14.00 WIT.

Dari 29 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua, hanya satu kabupaten yang belum melaksanakan pilgub Papua yakni Kabupaten Paniai.

Dari 28 kabupaten/kota yang sudah melaksanakan pilgub Papua, tinggal tiga kabupaten yang belum selesai melaksanakan rapat pleno perhitungan suara yakni KPU Jayawijaya, KPU Mimika dan KPU Deiyai.

“Sebagian besar KPU kabupaten dan kota sudah melaksanakan pleno rekapitulasi perhitungan suara yang secara keseluruhan berlangsung lancar,” kata Tarwinto.

Pemilihan gubernur Papua diikuti dua pasangan calon yakni patahanan Lukas Enembe-Klemen Tinal dan paslon Jhon Wempi Wetipo-Habel Suwae.

Jumlah pemilih sesuai daftar pemilh tetap (DPT) Pilgub Papua tercatat 3.411.217 orang yang memilih di 9.222 TPS yang tersebar di 560 distrik/kecamatan.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas mengatakan aparat keamanan siap mengamankan pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara pilgub yang berlangsung di Abepura, Kota Jayapura itu.

“Sebanyak 150 personil TNI/Polri akan disiagakan untuk mengamankan rapat pleno KPU Papua itu,” kata AKBP Urbinas.

Berita Lainnya
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua Pilkada