Loading...

KPU Papua Tetapkan Bupati-Wabup Mimika Terpilih

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menggelar rapat pleno terbuka dengan agenda penetapan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Mimika terpilih hasil pilkada 2018, di salah satu hotel di kawasan Abepura, Kota Jayapura, Rabu.

Rapat pleno itu dipimpin oleh Ketua KPU Papua Theodorus Kossay dihadiri pasangan bupati dan wakil bupati terpilih Eltinus Omaleng-Johanis Rettob yang didampingi partai politik pendukung.

Usai membacakan hasil putusan rapat pleno itu, digelar penandatanganan berita acara penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Mimika terpilih.

Selanjutnya, berita acara penetapan paslon terpilih itu dan surat keputusan KPU Papua, diserahkan ke paslon terpilih dan DPRD Mimika.

Bupati Mimika terpilih Eltinus Omaleng yang didampingi wakilnya Johanis Rettob menyampaikan terima kasih kepada komisioner KPU Papua yang segera menggelar rapat pleno penetapan hasil Pilkada Mimika pascaputusan MK.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga Pilkada Mimika berlangsung aman dan KPU Papua yang mengambil alih tugas KPU Mimika sudah melakukan pleno dan menetapkan hasilnya,” kata Omaleng yang kini masih menjabat Bupati Mimika periode 2014-2019.

Sementara itu, Wakil Bupati Mimika terpilih Johanis Rettob mengajak seluruh warga Mimika bersatu untuk memajukan daerah dan tidak lagi terpecah pecah.

“Semua perbedaan yang ada selama ini, mari kita hilangkan dan mari bergandengan tangan membangun Kabupaten Mimika yang mandiri dan sejahtera,” kata Rettob.

Sedangkan Paur Humas Polres Jayapura Kota Iptu Yahya Rumra mengatakan, sebanyak 115 personil disiagakan untuk pengamanan pelaksanaan rapat pleno KPU Papua dengan agenda penetapan hasil pilkada.

Selain personil, pihaknya juga menggerahkan satu unit kendaraan baracuda milik Brimob Polda Papua.

Ambil alih
KPU Provinsi Papua mengambil alih tugas KPU Kabupaten Mimika, sejak ada putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada 12 September 2018.

Sebelumnya, dalam rapat pleno KPU Kabupaten Mimika, pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob dalam Pilkada Mimika dinyatakan meraih suara terbanyak yakni 60.513 suara, menggalahkan lima pasangan calon (paslon) lainnya yakni Petrus Yanwarin-Alpius Edoway, Robertus Waropea-Albert Bolang, Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra, Hans Magal-Abdul Muis, Maria Florida Kotorok-Yustus Way dan Philipus B Wakerkwa-H Basri.

Rapat pleno penetapan perolehan suara Pilkada Mimika digelar 9-10 Juli 2018 oleh KPU Mimika.

Terkait hasil pleno itu, kelima paslon mengajukan gugatan hasil pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK), namun pada 18 September 2018 MK memutuskan menolak gugatan tersebut sehingga paslon Omaleng-Rettob dinyatakan sebagai pemenang Pilkada Mimika.

Sebelum ada putusan MK, pasangan Omaleng-Rettob dan Koalisi Mimika Bersatu mengadukan para komisioner KPU Mimika ke DKPP dengan dalih pelanggaran kode etik, hingga ada putusan DKPP tertanggal 12 September 2018.

Dalam keputusan yang dibacakan oleh Muhammad, Teguh Prasetyo, Alfitra Salam, dan Ida Budhiati itu, DKPP memutuskan pemberhentian tetap kepada empat Komisoner KPU Mimika yakni T Ocepina Magal selaku Ketua dan para anggotanya, masing-masing Yoe Luis Rumaikewi, Afred Petupetu, dan Derek Motte.

Satu komisioner KPU Mimika lainnya atas nama Reinhard Gobai dijatuhi sanksi peringatan.

Berita Lainnya
Kementerian PUPR Tingkatkan Kualitas Jalan Perbatasan Papua MERAUKE, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pem...
Mimika Sport Centre Siap Digunakan untuk PON 2020 TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - Fasilitas Mimika Sport Centre yang mencakup stadion indoor, stadion outdoor...
Polisi Sita Puluhan Sepeda Motor Curian dari Rusunawa Waena JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepolisian Resor Jayapura Kota kembali menyita puluhan sepeda motor yang ...
Pemprov Papua Agendakan Pembahasan Pembagian Saham Freeport-Inalum JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua rencananya akan menggelar pertemuan kembali gun...
Kapolres Mappi Sambangi Kampung Sumuraman JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Untuk sosialisai Pilkada damai pada pemilihan Legislatif dan Presiden 201...
Kanal: Papua