Loading...

KPU: Penetapan Cagub Papua Ditunda

PAPUA (TAJUKTIMUR.COM) — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menunda pelaksanaan rapat pleno penetapan pasangan calon (paslon) pemilihan gubernur (pilgub), karena belum mendapat rekomendasi syarat calon sebagai orang asli Papua dari Majelis Rakyat Papua (MRP).

Rapat pleno yang dijadwalkan Senin pukul 11.00 WIT, hanya diawali pembukaan tanpa pembahasan agenda utama yakni penetapan bakal pasangan calon menjadi paslon peserta Pilkada 2018 di Provinsi Papua.

Rapat kemudian ditunda hingga hingga pukul 23.00 WIT, dengan harapan dalam beberapa jam ke depan MRP dapat memberikan rekomendasi tersebut.

Penundaan itu disampaikan oleh Ketua KPU Papua Adam Arisoy didampingi empat komisioner yakni Tarwinto, Musa Sombuk, Izak R Hikoyabi dan Beatrix Wanane, dalam rapat pleno penetapan pasangan calon di Sekretariat KPU, Jalan Soa Siu, Kota Jayapura.

“Rapat ini di skors atau ditunda hingga pukul 23.00 WIT malam ini,” kata Ketua KPU Papua Adam Arisoy setelah mendengar saran dari Ketua Bawaslu Papua, Feggie Y Wattimena dan sejumlah anggotanya.

Ketua Bawaslu Feggie Y Wattimena mengatakan KPU dalam memutuskan suatu persoalan harus berpijak pada aturan, dan berkaitan dengan penetapan pasangan calon harus mendapatkan rekomendasi dari Majelis Rakyat Papua (MRP).

“Sampai pada siang ini, tadi kami sudah berdiskusi dan mengacu pada aturan karena syarat calon atau syarat sebagai orang asli Papua adalah syarat mutlak dalam penetapan calon, sehingga hasil dari MRP itu harus disampaikan lebih dulu, inilah mengapa kita menunggu hingga pukul 23.00 WIT,” katanya.

Jika nanti hingga tenggat waktu yang diberikan belum juga mendapatkan rekomendasi atau hasil dari MRP, maka kata Feggie pihaknya akan berdiskusi lagi sebagai pengawas dan penyelenggara dengan KPU Papua.

“Jadi, kami akan diskusi lagi, apakah keputusannya nanti memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat, atau hal lainnya,” kata Feggie.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua Pilkada