Loading...

Lukas Enembe-Klemen Tinal Nomor Urut Satu, John Wempi-Habel Melkias Nomor Urut Dua

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Pasangan calon petahana dalam pemilihan gubernur (pilgub) Papua Lukas Enembe-Klemen Tinal meraih nomor urut satu, saat proses pengundian yang dilakukan dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua, di Kota Jayapura, Rabu.

Sementara, pasangan calon gubernur/wakil gubernur John Wempi Wetipo yang dua kali menjabat bupati Jayawijaya dan Habel Melkias Suwae yang juga menjabat dua kali Bupati Jayapura meraih nomor urut dua.

Pencabutan nomor urut tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Papua Adam Arisoy disaksikan Ketua Bawaslu Papua Feggie Y Wattimena diatas podium di halaman sekretariat KPU, Jalan Soa Siu, Kota Jayapura.

Dalam proses pencabutan itu, Adam Arisoy mengarahkan kepada kedua paslon untuk mengambil nomor undian, sebelum melakukan pencabutan nomor urut.

“Sebelum kita melakukan pencabutan nomor urut, wakil dari masing-masing gubernur mencabut nomor undian terlebih dahulu,” kata Adam.

Dalam pengambilan nomor undian itu, nomor 1 diraih oleh Habel Melkias Suwae dan nomor 2 diraih oleh Klemen Tinal.

Setelah itu, Adam Arisoy mengarahkan kedua calon gubernur Lukas Enembe dan John Wempi Wetipo untuk mencabut nomor urut sesuai dengan undian yang diraih oleh masing-masing wakilnya.

Pencabutan nomor urut ini, terbilang cukup unik, karena ditaruh di dalam dua buah tifa kecil.

John Wempi Wetipo yang akrab disapa JWW mendapat kesempatan untuk memilih satu diantara dua tifa yang ada di meja, sementara Lukas Enembe mengambil tifa lainnya.

“Dalam membuka kertas nomor urut, Kita hitung bersama yah. Hitung mundur dari 10 hingga ke angka 5,” katanya.

Setelah, masing-masing calon gubernur mengambil kertas nomor urut dalam tifa dan membuka gulungan kertas, pasangan petahana Lukas Enembe-Klemen Tinal meraih nomor urut 1 dan pasangan John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae meraih nomor urut 2.

“Dengan ini, KPU tetapkan pencabutan nomor urut. Nomor urut 1, pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal dan nomor urut 2, pasangan John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae,” kata Adam.

Namun sebelum itu, untuk penetapan pencabutan nomor urut, salah satu staf KPU membacakan surat keputusan.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan foto bersama kedua pasangan calon gubernur/wakil gubernur Papua periode 2018-2023 dan sambutan dari masing-masing calon mengenai nomor urut yang didapatkan.

Jalan rapat pleno tersebut dijaga dan dikawal ketat aparat kepolisian dari Polres Jayapura Kota dibantu Brimob dan Sabhara Polda Papua.

(fr)

Berita Lainnya
Inalum dan Uncen kerja sama Membangun Papua JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM dan Universitas Cendr...
Banjir Hanyutkan Lima Warga di Sebagian Tolikara JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua menyatakan huja...
BPS: Penduduk Miskin di Mimika Capai 31.175 Jiwa TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika, menyatakan penduduk miskin di...
Kementerian PUPR bantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Program Rumah Khusus (Rusus) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan...
Polisi Sentani-Warga Nendali Sepakat Tolak Hoaks SENTANI, TAJUKTIMUR.COM - Kepolisian Sektor (Polsek) Sentani Timur bersama warga Kampung Nendali Sen...
Kanal: Papua Pilkada