Loading...

Mabes Polri Pantau TPS yang Hilang di Jayawijaya

WAMENA, TAJUKTIMUR.COM — Perwakilan Mabes Polri di Jakarta, langsung turun ke lokasi TPS 05 di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua yang sebelumnya hilang pada Rabu sehingga baru melakukan pencoblosan susulan Kamis, (28/6) pagi.

Berdasarkan pantauan, perwakilan Mabes Polri yang dikawal kurang lebih 10 polisi, dan TNI itu langsung melihat secara dekat warga TPS 05 melakukan pemungutan suara ulang (PSU) dan pelaksanaannya berlangsung baik.

Selain perwakilan pejabat Polri, ketua KPU Papua Adam Arisoy bersama Komisioner KPU Beatriks Wanane juga datang ke lokasi untuk menyaksikan secara langsung proses penyaluran hak politik warga setempat.

Ketua Panwaslu Jayawijaya Fredy Wamo saat ditemui di TPS 05 mengatakan PSU berjalan sesuai rekomendasi panwaslu distrik yang pada awalnya menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh ketua KPPS, yaitu mencoblos seluruh surat suara secara sepihak beberapa waktu lalu.

“Hari ini berjalan baik dan warga TPS 05 antusias untuk memilih,” katanya

Ia mengatakan polisi dan gakumdu telah mengamankan ketua KPPS yang telah mencoblos seluruh surat suara yang diperuntukan kepada TPS 05 tersebut.

“Hari ini akan dilakukan proses klarifikasi, dia (ketua KPPS) akan ditanya siapa saja yang ikut bersama-sama dengan pelaku melakukan perbuatan itu,” katanya.

Fredy Wamo mengatakan akibat menghambat pemilukada serentak yang seharusnya dilakukan Rabu, (27/6) ketua KPPS akan menerima sanksi yang berat yaitu penjara paling lama lima tahun.

“Tetapi itu (terkait pemberian sanksi) akan kami serahkan ke pihak berwajib dalam hal ini kepolisian karena sudah masuk dalam tindak pidana, sebab sudah menghalang-halangi pelaksanaan pemilukada serentak,” katanya.

Berita Lainnya
Bawaslu: 32.000 Karyawan Freeport Terancam tidak ikut Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Anggota Bawaslu Papua Ronald Manoach mengatakan sekitar 32 ribu karyawan PT Freeport Indonesia terancam tidak memilih dalam Pemilu 2019 karena ...
Pemkab Biak Numfor Larang Pejabat OPD Keluar Daerah BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua, melarang pejabat pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) keluar daerah selama persiapan sidang...
TNI Gelar Pengobatan Massal di Tingginambut PUNCAK JAYA, TAJUKTIMUR.COM - Tim Pembinaan Masyarakat TNI/Polri bersama dengan Kodim 1714/Puncak Jaya menggelar bakti sosial berupa pengobatan massal dan pembagian paket...
Polda Papua Kirim Tim Kesehatan ke Sulteng JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengirimkan tim kesehatan dan trauma healing atau psikologi untuk membantu warga Palu, Sigi, dan Donggala, di S...
Polres Paniai Siap Amankan PSU di Deiyai JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Polres Paniai siap mengamankan pemungutan suara ulang (PSU) di dua distrik di Kabupaten Deiyai, Papua, yang dijadwalkan pada Selasa (16/10). ...
Kanal: Papua Pilkada