Loading...

Marak Teror, NU Papua: Mari Bijak, Jangan Salahkan Satu Agama

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM — Ketua Nahdatul Ulama (NU) Provinsi Papua Toni Wanggai mengajak semua pihak untuk menjaga nilai-nilai Pancasila dalam merespons aksi terorisme yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia dalam beberapa hari belakangan ini.

“Kami sebagai masyarakat Indonesia sudah berkomitmen bahwa Pancasila tidak bertentangan dengan agama apa pun. Kita hidup dengan masyarakat yang plural dan Pancasila mengandung nilai-nilai agama untuk menyatukan semua umat beragama di Indonesia, jadi itu yang harus kita jaga,” ujarnya di Jayapura.

Ia menegaskan aksi terorisme atas nama agama tidak sesuai dengan ajaran Islam, karena Islam artinya memberikan keselamatan dan kedamaian kepada siapa saja.

Menurut dia, NU telah bekerja sama dengan pemerintah daerah, TNI-Polri, dan para pemuka agama, untuk terus menjaga kebersamaandan tidak harus menyalahkan satu sama lain.

“Isu radikalisme dan terorisme memang menjadi isu global, negara maju sekalipun terjadi kasus-kasus terorisme, seperti di Perancis dan Amerika Serikat,” karta dia.

Toni meminta kepada lembaga agama untuk bersikap lebih bijak, dewasa, tidak menyalahkan salah satu agama karena semua agama menentang dan mengutuk aksi terorisme tersebut.

Ia bepandangan seluruh unsur keagaamaan harus lebih sering menggelar dialog-dialog agama dan melakukan kerjasama lintas agama di bidang sosial.

Hal ini dikatakannya sangat penting karena kini aliran-aliran radikalisme yang mengatas namakan agama sudah masuk ke Papua dan para pihak yang berkepentingan harus dapat menyiapkan langkah-langkah pencegahan agar aksi terorisme tidak terjadi di Papua.

“Aliran-aliran yang berpaham radikal dan mengatas namakan agama sudah masuk ke Papua. Tapi memang kita tidak bisa membendung itu karena di era globalisasi ini paham-paham keagamaan trans nasional, artinya ideologi agama dari luar Indonesia masuk ke Indonesia dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi,” katanya.

Berita Lainnya
KPU Biak Numfor Terima Laporan Dana Kampanye 16 Parpol BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menerima pelaporan awal dana kampanye untuk 16 partai politik peserta Pemilu 2019. "Pe...
PKS Papua Pawai Simpatik dan Deklarasi Kampanye Damai JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Mengawali masa kampanye, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersama dengan partai-partai lain menggelar Pawai Simpatik dan Deklarasi Kampanye Dama...
KPU: Empat Caleg DPR Papua Tidak Memenuhi Syarat JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menyatakan empat dari total 792 orang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Raky...
Gempa Bumi 5 SR Guncang Jayawijaya JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi berkekuatan 5,0 SR mengguncang Kabupaten Jayawijaya, Papua. Gempa tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan informasi dari BMKG, gemp...
Minyak Kayu Putih Biak Merambah Pasar Manokwari BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Minyak kayu putih "Farkin" produksi kelompok petani hutan Kofarwis Rimba Jaya Kabupaten Biak Numfor, Papua, merambah ke pasar kota Manokwari, Ibu K...
Kanal: Papua