Loading...

Menteri Yohana Sosialisasi KDRT di Biak

BIAK, TAJUKTIMUR.COM – Sosialisasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang merupakan kerjasama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) di Biak kaliini dipusatkan di Wardo, Distrik Biak Barat Sabtu (29/9/2018) dengan menghadirkan 300 peserta lengkap dengan kaos pink, baik dari TNI-Polisi, OPD, Ormas, Toma, Mahasiswa dan Pelajar.

Menteri PPPA Yohana Yembise hadir membuka sosialisasi bersama Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Vennetia Danes, Sekretaris Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Priyadi Santosa, Asdep Bidang Perlindungan Hak Perempuan dari KDRT Ali Khasan, Asdep Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Ketenagakerjaan Sunarti, Staf Ahli dan rombongan lainnya.

Plt. Bupati Biak Numfor diwakili Sekda Markus O.Mansnembra menyatakan rasa terimakasih bagi Menteri PPPA dan DP3AKB karena kerjasama yang baik terus melakukan kegiatan di Biak.

“Ini sebuah perhatian yang patut diapresiasi,” kata Sekda.

Ditambahkannya, Biak punya SDM yang mumpuni, tercatat 2 orang dari kampung wardo, salah satunya Ibu Menteri Yohana Yembise yang tampil sebagai pemimpin hebat.

Saat Gerakan Bersama (GeBer) stop KDRT sekaligus Arahan Menteri Yohana Yembise minta yang muda ini mulai dari pelajar, mahasiswa agar mereka bisa memutuskan mata rantai KDRT, bapak/ibu suami isteri saya mohon jangan berkelahi di depan anak-anak apalagi kalau di sekolah guru masih pukul anak-anak maka akan membentuk perilaku ketika mereka berkeluarga dia akan melakukan hal yang sama, karena itu kita harus mengajarkan hal ini untuk anak-anak karena sudah menjadi komitmen PBB.

“Sudah saatnya laki-laki memberikan kesempatan bagi perempuan, di mana perempuan tidak lagi dinomor duakan, karena Indonesia ditunjuk dari 10 negara yang ada di dunia untuk membawah perempuan menuju “Planet 50 : 50” 2030 jadi bukan 30 : 70, karena di Papua budaya patriatik masih tinggi ; laki-laki merasa dirinya lebih kuat sejak 2015,” lanjut Yohana.

Selain itu menurut Yembise, Papua terbesar dengan angka kekerasan, penderitaan batin, satu hari hampir seratus ribu kasus minta cerai (oleh perempuan) yang dilaporkan ke kementerian PPPA sehingga sosialisasi ini kami lakukan untuk pencegahan KDRT, bahkan Biak belum bisa dibilang maju apabila perempuan belum berada di garis aman, satu perempuan meninggal maka bangsa rugi. Di akhir arahannya, Ia juga minta maaf karena Menko PMK Puan Maharani tidak dapat hadir di Biak, selain itu yang paling penting Pemda Biak Numfor harus naikan biaya atau anggaran untuk berbagi kegiatan perlindungan dan pemberdayaan perempuan agar mereka sehat untuk melahirkan generasi pemimpin bangsa.

Sebelumnya Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Prof. Vennetia Danes lewat laporannya nyatakan salah satu harapan dari sosialisasi yakni generasi muda dapat memahami pencegahan KDRT sejak dini sebelum membangun rumah tangga agar kelak keluarga yang dibangun menjadi tangguh dengan beberapa materi yang disuguhkan dengan cara yang santai sehingga cepat diapahami, di antaranya membangun interaksi pertanyaan dan yang berhasil menjawab diberikan souveinr cantik.

Acara dibuka dengan doa yang dibawakan oleh Wakil Ketua Klasis Biak Barat Pdt. Kristian Tiert, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia raya, Menyanyi lagu Three Ends, Pembacaan Deklarasi Muda-Mudi Stop KDRT Disertai Gerakannya, serta diakhiri dengan Foto Bersama.

Berita Lainnya
Bank Papua di Biak Siapkan Rp100 Miliar untuk Libur Natal BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Manajemen Bank Papua cabang Kabupaten Biak Numfor menyiapkan dana sebesar Rp1...
Pemkab Biak Numfor Gelar Bursa Inovasi Desa BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor menggelar bursa inovasi desa sebagai media b...
Pemprov Papua Wacanakan Bangun Kampung Tematik JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Perumahan dan Kawasan P...
Bulog: Stok Beras di Papua Aman hingga Tiga Bulan JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Manajemen Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Papua dan papua Barat mengu...
Pembangunan Jalan TransPapua di Nduga Segera Diambil Alih TNI WAMNA, TAJUKTIMUR.COM - Pembangunan jalan dan jembatan di jalur transPapua terutama di lokasi pemban...
Kanal: Papua