Loading...

Monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia 2015-2085

MERAUKE, TAJUKTIMUR.COM – Merauke, tempat berakhirnya Ekspedisi Kapsul Waktu. Terpilihnya menjadi lokasi tempat peletakan Kapsul Waktu Impian Indonesia (KWII) sebagai ujung pengikat persatuan bangsa, sementara ujung satunya adalah Sabang, Aceh tempat dimulainya perjalanan Kapsul Waktu.

Kapsul Waktu Impian Indonesia adalah wadah sejarah berbentuk kapsul tempat menyimpan dokumen tulisan impian masyarakat dari setiap provinsi di Indonesia. Kapsul itu akan diletakkan tahun 2015 dan dibuka tahun 2085.

Kapsul Waktu ini dibuat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Ayo Kerja dalam rangka memperingati 70 tahun Indonesia Merdeka, yang merupakan simbol impian, harapan, motivasi bangsa Indonesia untuk 70 tahun yang akan datang.

Kapsul Waktu Impian Indonesia diletakkan di “Monumen Kapsul Waktu: Impian Indonesia” yang dimahkotai “Benih Impian Indonesia” sebuah wadah berbentuk benih tempat kapsul-kapsul waktu berisi impian dan harapan dari seluruh Indonesia disimpan.

Awalnya, Ekspedisi Kapsul Waktu merupakan gagasan unik pertama sepanjang sejarah Indonesia untuk mengumpulkan impian masyarakat dari setiap propinsi. Impian tersebut merupakan langkah awal sebagai motivasi untuk bekerja.

“KWII 2015-2085 merupakan bagian dari Gerakan Nasional Ayo Kerja. Ekspedisi ini juga memiliki misi mengumpulkan dan merajut impian seluruh bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” ujar mantan gitari grup band Slank yang merupakan satu penggagas Ekspedisi Kapsul Waktu, Abdee Negara, Senin (28/12/2015) silam.

Abdee berharap, KWII bisa menginsiprasi setiap individu dan keluarga Indonesia untuk menggantungkan cita-citanya setinggi langit demi kesejahteraan rakyat dan kejayaan bangsa.

Patut diketahui, Secara keseluruhan, Ekspedisi ini melibatkan Panitia Nasional, Panitia Daerah, Masyarakat, Organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, pemuda pelajar dan pemerintah di semua propinsi.

Presiden Jokowi telah menerima dan mencermati 238 butir impian masyarakat dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Rencananya beliau akan menuliskan impian dan harapannya sebagai rangkuman impian besar bangsa Indonesia.

Berita Lainnya
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Tiga TNI tewas dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Tiga anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Nanggala dilaporkan tewas da...
Kanal: Papua