Loading...

MRP Akui Belum Terima Berkas Paslon Pilgub Papua

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Majelis Rakyat Papua (MRP) mengklaim hingga kini belum menerima berkas dan dokumen bakal pasangan calon (paslon) yang akan maju dalam pemilihan gubernur (pilgub) 2018.

Ketua MRP Timotius Murib, mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menyerahkan dokumen pasangan calon kepada Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) sejak 13 Januari lalu, untuk selanjutnya diserahkan ke MRP.

“Sesuai jadwal, MRP hanya mempunyai waktu verifikasi 14 hari, tapi hingga waktunya habis, belum juga menerima berkas-berkasnya,” ujarnya.

“MRP telah membuat Pansus Pilgub Papua, dan sudah berkoordinasi dengan KPU Pusat, Mendagri dan Komisi I DPR RI terkait jadwal tahapan pemilihan gubernur di Papua,” sambungnya.

Timotius menjelaskan mekanisme pemberian pertimbangan keaslian orang Papua kepada pasangan calon harus dijadwalkan ulang oleh KPU, karena MRP belum bisa bekerja karena dokumen-dokumen itu belum diterima sama sekali dari DPRP.

“Secara fisik dua pasangan calon ini orang asli Bumi Cenderawasih, tetapi MRP perlu melihat data-datanya secara detail terkait keaslian sesuai amanah dari UU Otsus Papua,” ujarnya.

Dia mengatakan usai verifikasi data pasangan calon, MRP juga akan memanggil kedua pasangan untuk berpidato serta menyampaikan silsilah keluarganya menggunakan bahasa daerah.

“MRP mendorong pasangan calon nantinya berpidato dengan bahasa daerahnya, agar dalam mengusung program kerja lima tahun ke depan, dapat memastikan bahasa daerah tersebut masuk kurikulum Muatan Lokal (Mulok) yang nantinya diterapkan di masing-masing sekolah,” katanya lagi.

Dia menambahkan, MRP ingin bahasa daerah masuk dalam kurikulum pendidikan dasar, mengingat banyak bahasa daerah Papua terancam punah.

(fr)

Berita Lainnya
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua Pilkada