Loading...

Panwaslu Ingatkan KPU Puncak Harus Taati Keputusan Sidang

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Puncak meminta kepada KPU setempat menaati keputusan sidang sengketa pilkada yang digelar di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, pekan lalu.

Pernyataan ini sengaja disampaikan oleh Ketua Panwaslu Puncak Hengki Tinal ketika di hubungi dari Kota Jayapura, terkait empat poin keputusan sidang sengketa calon bupati/wakil bupati di Kabupaten Puncak.

“Pada poin ketiga menyebutkan KPU Puncak harus meninjau kembali dukungan partai politik Hanura dan PAN kepada calon bupati/wakil bupati,” katanya.

Lalu, lanjut Hengki, pada poin keempat dalam sidang sengketa itu, KPU Puncak diperintahkan untuk melaksanakan keputusan tersebut dalam waktu tiga hari sejak dibacakan.

“Tapi ini sudah lewat tiga hari, KPU Puncak belum melakukan seperti yang diputuskan dalam sidang,” katanya.

Mengenai adanya surat permintaan tambahan waktu untuk lakukan peninjauan kembali dukungan parpol Hanura dan PAN yang diajukan oleh KPU Puncak, Hengki menyampaikan bahwa ajuan tersebut ditolak.

“Kami tolak permintaan waktu itu, seharusnya KPU Puncak mentaati keputusan sidang. Kami akan laporkan ini ke Bawaslu Papua,” kata Hengki.

Secara terpisah, Ketua KPU Puncak Erianus Kiwak ketika dikonfirmasi mengaku berada di Jakarta untuk melaksanakan keputusan sidang sengketa yang ditetapkan oleh Panwaslu setempat.

“Yah, saya masih di Jakarta bersama komisioner KPU Papua untuk lakukan peninjauan dukungan parpol Hanura dan PAN dengan mengklarifikasi langsung ke pengurus pusat,” katanya.

(as)

Berita Lainnya
Kapolres: Seorang anggota KKB ditangkap di Mulia JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Paku Wanimbo, salah seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) ya...
Bupati dan Wakil Bupati Deiyai Terpilih Dilantik, Ini Pesan Lukas Enembe JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Papua, Lukas Enembe secara resmi melantik Bupati dan Wakil Bupat...
BMKG: Waspada gelombang tinggi di Papua-Papua Barat JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jay...
Relawan Pro-Jokowi Papua gelar nonton bareng Debat Capres JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Puluhan relawan Projo (Pro-Jokowi) Papua menggelar acara nonton bareng (n...
Ketua KPU Asmat Lantik 34 Relawan Demokrasi ASMAT, TAJUKTIMUR.COM - Ketua KPU Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Veronikus Asse melantik 34 relawa...
Kanal: Papua Pilkada