Loading...

Panwaslu Nduga Siap Wujudkan Pilgub Aman dan Damai

WAMENA (TAJUKTIMUR.COM) – Panitia Pengawas pemilihan umum (Panwaslu) Kabupaten Nduga, Provinsi Papua memastikan siap mengawal dan mewujudkan pesta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua serta pemilihan presiden yang aman dan damai.

Ketua Panwaslu Kabupaten Nduga Talius Tabuni, di Wamena ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa, mengatakan telah membangun koordinasi dengan aparat penegak hukum untuk mengawal agar pelaksanaan pilgub dan pilpres berjalan tanpa adanya konflik.

“Dalam rapat koordinasi yang kami lakukan, kami simpulkan bahwa walau orang mengategorikan Nduga daerah rawan, tetapi dari pengalaman saat pilkada, pelaksanaannya berjalan aman. Di seluruh Indonesia, pemilihan paling aman itu ada di Nduga,” katanya.

Dalam rapat koordinasi yang dilakukan, pihak kepolisian,TNI dan kejaksaan menyarankan Panwaslu tingkat distrik terus membangun koordinasi dengan panitia pemilihan distrik (PPD) sebab beberapa titik rawan yang memicu konflik adalah di tingkat tempat pemungutan suara (TPS).

“Tadi disampaikan ke pada kita semua untuk bekerjasama menyukseskan pemilihan gubernur yang dalam hitungan hari sudah kita laksanakan,” katanya.

Menurut dia, telah direkrut 96 anggota Panwaslu untuk melakukan pengawasan berbagai rangkaian pesta politik yang akan dilakukan oleh calon maupun tim sukses di 34 distrik yang ada di Kabupaten Nduga.

“Kami anggota Panwas tinggkat kabupaten ada tiga orang, di tingkat distrik dari 32 distrik ada 96 anggota Panwas dan 248 kampung 421 TPS. Dalam forum rapat yang dihadiri ketua-ketua Panwaslu, mereka komitmen bahwa pemilihan besok harus aman dan damai,” katanya.

Ia juga mengajak masyarakat Kabupaten Nduga untuk tidak terhasut dengan ulah oknum-oknum yang sengaja menggagalkan pesta politik di sana, terutama pilgub Papua.

“Dua paslon yang maju pada pilgub ini adalah anak daerah, mereka berasal dari lembah ini (daerah pegunungan Papua), oleh karena itu memang ada penekanan dari pihak terkait agar kita terus bekerjasama antara PPD dan Panwas untuk menyukseskan pilgub,” katanya.

(as)

Berita Lainnya
Seribu Anak Asmat ikut Kegiatan Sikat Gigi Massal ASMAT, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 1.000 anak dari sejumlah sekolah dasar (SD) di Distrik Agats, Kabup...
Kodim 1708/BN Ikut Berpartisipasi Memeriahkan Festival Ikan Biak BIAK, TAMUKTIMUR.COM – Kodim 1708/BN ikut berpartisipasi guna memeriahkan kegiatan Festival Ikan Bia...
Pemprov Papua Dukung Festival Ikan Biak Digelar Secara Berkelanjutan BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendukung Festival Ikan Biak 2018 digelar...
Dinkes Papua Siapkan 45 Dokter Spesialis Khusus PON 2020 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua menyiapkan 45 orang dokter spesia...
Pangdam Larang TNI Bawa Flora-Fauna ke Luar Papua JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring melarang TNI ...
Kanal: Papua Pilkada