Loading...

Panwaslu Nduga Siap Wujudkan Pilgub Aman dan Damai

WAMENA (TAJUKTIMUR.COM) – Panitia Pengawas pemilihan umum (Panwaslu) Kabupaten Nduga, Provinsi Papua memastikan siap mengawal dan mewujudkan pesta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua serta pemilihan presiden yang aman dan damai.

Ketua Panwaslu Kabupaten Nduga Talius Tabuni, di Wamena ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa, mengatakan telah membangun koordinasi dengan aparat penegak hukum untuk mengawal agar pelaksanaan pilgub dan pilpres berjalan tanpa adanya konflik.

“Dalam rapat koordinasi yang kami lakukan, kami simpulkan bahwa walau orang mengategorikan Nduga daerah rawan, tetapi dari pengalaman saat pilkada, pelaksanaannya berjalan aman. Di seluruh Indonesia, pemilihan paling aman itu ada di Nduga,” katanya.

Dalam rapat koordinasi yang dilakukan, pihak kepolisian,TNI dan kejaksaan menyarankan Panwaslu tingkat distrik terus membangun koordinasi dengan panitia pemilihan distrik (PPD) sebab beberapa titik rawan yang memicu konflik adalah di tingkat tempat pemungutan suara (TPS).

“Tadi disampaikan ke pada kita semua untuk bekerjasama menyukseskan pemilihan gubernur yang dalam hitungan hari sudah kita laksanakan,” katanya.

Menurut dia, telah direkrut 96 anggota Panwaslu untuk melakukan pengawasan berbagai rangkaian pesta politik yang akan dilakukan oleh calon maupun tim sukses di 34 distrik yang ada di Kabupaten Nduga.

“Kami anggota Panwas tinggkat kabupaten ada tiga orang, di tingkat distrik dari 32 distrik ada 96 anggota Panwas dan 248 kampung 421 TPS. Dalam forum rapat yang dihadiri ketua-ketua Panwaslu, mereka komitmen bahwa pemilihan besok harus aman dan damai,” katanya.

Ia juga mengajak masyarakat Kabupaten Nduga untuk tidak terhasut dengan ulah oknum-oknum yang sengaja menggagalkan pesta politik di sana, terutama pilgub Papua.

“Dua paslon yang maju pada pilgub ini adalah anak daerah, mereka berasal dari lembah ini (daerah pegunungan Papua), oleh karena itu memang ada penekanan dari pihak terkait agar kita terus bekerjasama antara PPD dan Panwas untuk menyukseskan pilgub,” katanya.

(as)

Berita Lainnya
3 Prajurit TNI AD Korban Penembakan KKSB Di Puncak Jaya Dievakuasi Ke RSPAD Jakarta JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) - Sebanyak tiga orang prajurit TNI yang menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Kampung Y...
Megawati Soekarno Putri Jadi Jurkam Saifullah-Puti Di Madiun MADIUN (TAJUKTIMUR.COM) - , Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri bakal memimpin kampanye akbar Pilgub Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Gu...
DKP Biak Numfor akan Terbitkan 750 Kartu Nelayan BIAK, TAJUKTIMUR.COM —- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan menerbitkan sebanyak 750 kartu nelayan untuk memberikan ...
KPU Yalimo: DPS Pemilu 2019 Sebesar 85.652 Jiwa WAMENA, TAJUKTIMUR.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua telah menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk pemilihan...
Kemensos Programkan Pembangunan 37 Rumah KAT di Asmat ASMAT, TAJUKTIMUR.COM -- Kementerian Sosial (Kemensos) memprogramkan pembangunan sebanyak 37 unit rumah bagi Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Kampung...
Kanal: Papua Pilkada