Loading...

Pemkab Jayawijaya Pastikan Distrik Terisolasi Miliki Jalan

WAMENA, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua memastikan seluruh distrik terisolasi di wilayah itu sudah memiliki akses jalan untuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Wakil Bupati Jayawijaya John R Banua di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Senin, mengatakan dari jumlah keseluruhan sebanyak 40 distrik, 39 distrik sudah tidak lagi dijangkau dengan pesawat sebab bisa menggunakan mobil.

“Hanya tinggal satu distrik saja, dan itu memang hanya bisa lewat pesawat. Sulit buat jalan darat,” katanya.

Distrik terkhir yang baru memiliki akses jalan pada tahun 2017 adalah Distrik Tailarek, dan warga sudah menikmati fasilitas jalan yang dibuka oleh pemerintah.

Ia mengatakan ketika belum ada akses jalan ke Tailarek, warga sangat kesulitan saat hendak membawa hasil belanjaan atau hendak memasarkan hasil pertanian mereka ke kota.

“Sebelumnya tidak ada jalan, namun tahun lalu Pemerintah Jayawijaya sudah melakukan upaya untuk membuka jalan tersebut dan sudah dimanfaatkan,” katanya.

Pemerintah berencanap pada tahun anggaran 2018-2019 mengalokasikan dana untuk peningkatan jalan-jalan yang sudah dibangun agar nyaman bagi pengguna.

“Peningkatan jalan-jalan yang ada di dalam kota maupun di pinggiran kota hingga distrik-distrik terpencil sangat penting agar transportasi masyarakat berjalan baik,” katanya.

Untuk Distrik Trikora yang sulit dibuka akses jalan darat bagi kendaraan mobil dan motor, pemerintah berencana menambah lebar dan panjang lapangan terbang perintis yang sudah ada sejak dahulu.

Berita Lainnya
Kemenhub Bantu satu unit Kapal untuk Dishub Biak Numfor BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyetujui bantuan satu unit kapal b...
Pemkab Mimika Undang Kemenhub Bahas Kerusakan Dermaga Paumako TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, mengundang pihak Kementerian P...
Seribu Anak Asmat ikut Kegiatan Sikat Gigi Massal ASMAT, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 1.000 anak dari sejumlah sekolah dasar (SD) di Distrik Agats, Kabup...
Kodim 1708/BN Ikut Berpartisipasi Memeriahkan Festival Ikan Biak BIAK, TAMUKTIMUR.COM – Kodim 1708/BN ikut berpartisipasi guna memeriahkan kegiatan Festival Ikan Bia...
Pemprov Papua Dukung Festival Ikan Biak Digelar Secara Berkelanjutan BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendukung Festival Ikan Biak 2018 digelar...
Kanal: Papua