Loading...

Pemkab Jayawijaya Programkan Nikah Massal Secara Adat

WAMENA, TAJUKTIMUR.COM —- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya, Provinsi Papua, memprogramkan kegiatan nikah massal secara adat dengan melibatkan 100 pasangan suami dan istri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jayawijaya, Alpius Wetipo, di Wamena, Jumat, mengatakan peserta nikah itu seluruhnya akan menggunakan pakaian adat Jayawijaya.

Disbudpar Jayawijaya sedang membangun koordinasi dengan 40 kepala distrik di Jayawijaya agar mendata warga yang belum menikah untuk dimasukkan sebagai peserta nikah secara adat.

Pernikahan massal secara adat Jayawijaya itu dilaksanakan bersamaan dengan rangkaian pembukaan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) 2018.

“Kita ada kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jayawijaya untuk melakukan pernikahan massal ini. Kegiatannya akan dilakukan pada saat pembukaan FBLB,” katanya.

Selain pernikahan massal yang direncanakan itu akan melibatkan masyarakat asli Jayawijaya, pemerintah juga memberikan kesempatan kepada penduduk asal daerah lain yang sudah tinggal dan menetap di Jayawijaya agar terlibat sebagai peserta.

Karena pernikahan akan dilakukan secara adat Jayawijaya, maka para peserta non asli yang terlibat nanti diharuskan untuk mengenakan pakaian adat Jayawijaya saat pernikahan.

Karena nikah massal secara adat merupakan yang pertama kali akan dilakukan, Pemkab Jayawijaya berencana memasukan kegiatan tersebut dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Bupati Jayawijaya secara resmi akan menyerahkan akta nikah bagi pasangan yang mengikuti nikah massal secara adat tersebut,” katanya.

Walau belum ada peserta yang mendaftar, Disbudpar Jayawijaya memastikan intensif mendorong agar nikah massal secara adat bisa dilaksanakan.

Berita Lainnya
Dirjen Imigrasi Ajak Generasi Muda Papua Sukseskan Asian Games JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F Sompie mengajak generasi muda Papua menyukseskan peny...
Sekda Biak Numfor minta Calon Haji Doakan Kemajuan Daerah BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor Markus O. Mansnembra meminta jamaah calon haji berdoa untuk kemajuan daerah itu saat me...
Pengungsi Nduga Tiba di Wamena JAYAWIJAYA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 33 orang pengungsi warga Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, akhirnya tiba di Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya,...
KPU: 10 Bacaleg Parpol di Supiori Berstatus ASN BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Komisioner KPU Kabupaten Supiori mengungkapkan sebanyak 10 dari 300 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang didaftarkan 1...
Puskesmas Biak Kota Raih Akreditasi Madya BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Puskesmas Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua, meraih akreditasi madya dari Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan RI. ...
Kanal: Papua