Loading...

Pemkab Jayawijaya Programkan Nikah Massal Secara Adat

WAMENA, TAJUKTIMUR.COM —- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya, Provinsi Papua, memprogramkan kegiatan nikah massal secara adat dengan melibatkan 100 pasangan suami dan istri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jayawijaya, Alpius Wetipo, di Wamena, Jumat, mengatakan peserta nikah itu seluruhnya akan menggunakan pakaian adat Jayawijaya.

Disbudpar Jayawijaya sedang membangun koordinasi dengan 40 kepala distrik di Jayawijaya agar mendata warga yang belum menikah untuk dimasukkan sebagai peserta nikah secara adat.

Pernikahan massal secara adat Jayawijaya itu dilaksanakan bersamaan dengan rangkaian pembukaan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) 2018.

“Kita ada kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jayawijaya untuk melakukan pernikahan massal ini. Kegiatannya akan dilakukan pada saat pembukaan FBLB,” katanya.

Selain pernikahan massal yang direncanakan itu akan melibatkan masyarakat asli Jayawijaya, pemerintah juga memberikan kesempatan kepada penduduk asal daerah lain yang sudah tinggal dan menetap di Jayawijaya agar terlibat sebagai peserta.

Karena pernikahan akan dilakukan secara adat Jayawijaya, maka para peserta non asli yang terlibat nanti diharuskan untuk mengenakan pakaian adat Jayawijaya saat pernikahan.

Karena nikah massal secara adat merupakan yang pertama kali akan dilakukan, Pemkab Jayawijaya berencana memasukan kegiatan tersebut dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Bupati Jayawijaya secara resmi akan menyerahkan akta nikah bagi pasangan yang mengikuti nikah massal secara adat tersebut,” katanya.

Walau belum ada peserta yang mendaftar, Disbudpar Jayawijaya memastikan intensif mendorong agar nikah massal secara adat bisa dilaksanakan.

Berita Lainnya
Polres Jayawijaya fasilitasi perdamaian antarkelompok Warga Bentrok antar warga di dijalan Trans Wamena-Kurulu Kampung Mulima distrik Yalengga, Wamena kabupaten Jayawijaya, Senin(1/10/2018). (foto: pasificpos)   WAMENA, T...
Bawaslu: 32.000 Karyawan Freeport Terancam tidak ikut Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Anggota Bawaslu Papua Ronald Manoach mengatakan sekitar 32 ribu karyawan PT Freeport Indonesia terancam tidak memilih dalam Pemilu 2019 karena ...
Pemkab Biak Numfor Larang Pejabat OPD Keluar Daerah BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua, melarang pejabat pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) keluar daerah selama persiapan sidang...
TNI Gelar Pengobatan Massal di Tingginambut PUNCAK JAYA, TAJUKTIMUR.COM - Tim Pembinaan Masyarakat TNI/Polri bersama dengan Kodim 1714/Puncak Jaya menggelar bakti sosial berupa pengobatan massal dan pembagian paket...
Polda Papua Kirim Tim Kesehatan ke Sulteng JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengirimkan tim kesehatan dan trauma healing atau psikologi untuk membantu warga Palu, Sigi, dan Donggala, di S...
Kanal: Papua