Loading...

Pemprov Papua dorong transparansi dan Akuntabilitas Penganggaran Daerah

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong transparansi dan akuntabilitas penganggaran daerah melalui penggunaan Analisis Standar Belanja (ASB) dan Standar Harga Satuan (SHS).

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Noak Kapisa, di Jayapura, Selasa, mengatakan ASB dan SHS menjadi alat untuk menyaring perencanaan anggaran program serta kegiatan agar sesuai target kinerja output yang direncanakan.

“Untuk itu diinstruksikan kepada kepala badan keuangan dan bappeda untuk memastikan ASB-SHS dapat terintegrasi dalam proses perencanaan serta penganggaran melalui e-PapuaPuRencana (e-PPR) dan e-PapuaPuAnggaran (e-PPA),” katanya.

Menurut Noak, kini Provinsi Papua membutuhkan anggaran cukup besar untuk mendukung prioritas pembangunan yang dicanangkan seperti persiapan pelaksanaan PON XX pada 2020, oleh karena itu penyusunan perencanaan kebutuhan khususnya program dan kegiatan telah dipastikan lebih tepat, efektif juga efisien.

“Dengan efisiensi rencana penggunaan anggaran sejak awal ini, akan meningkatkan kualitas perencanaan dan pemenuhan anggaran bagi program atau kegiatan prioritas daerah,” ujarnya.

Dia menjelaskan kualitas perencanaan dan penganggaran sangat penting karena jika tepat, efektif serta efisien maka akan menjadi dasar dalam mendukung perwujudan visi Papua bangkit, mandiri dan sejahtera yang berkeadilan.

“Implementasi e-Goverment terintegrasi Provinsi Papua telah diapresiasi oleh KPK, di mana proses perencanaan dan penganggarannya menjadi yang terdepan sebagaimana hasil monitoring di awal September ini,” katanya lagi.

Dia menambahkan apresiasi ini harus menjadi motivasi bagi semua pihak untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran guna mewujudkan harapan seluruh rakyat Papua.

Berita Lainnya
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua