Loading...

Pemprov Papua dorong transparansi dan Akuntabilitas Penganggaran Daerah

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong transparansi dan akuntabilitas penganggaran daerah melalui penggunaan Analisis Standar Belanja (ASB) dan Standar Harga Satuan (SHS).

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Noak Kapisa, di Jayapura, Selasa, mengatakan ASB dan SHS menjadi alat untuk menyaring perencanaan anggaran program serta kegiatan agar sesuai target kinerja output yang direncanakan.

“Untuk itu diinstruksikan kepada kepala badan keuangan dan bappeda untuk memastikan ASB-SHS dapat terintegrasi dalam proses perencanaan serta penganggaran melalui e-PapuaPuRencana (e-PPR) dan e-PapuaPuAnggaran (e-PPA),” katanya.

Menurut Noak, kini Provinsi Papua membutuhkan anggaran cukup besar untuk mendukung prioritas pembangunan yang dicanangkan seperti persiapan pelaksanaan PON XX pada 2020, oleh karena itu penyusunan perencanaan kebutuhan khususnya program dan kegiatan telah dipastikan lebih tepat, efektif juga efisien.

“Dengan efisiensi rencana penggunaan anggaran sejak awal ini, akan meningkatkan kualitas perencanaan dan pemenuhan anggaran bagi program atau kegiatan prioritas daerah,” ujarnya.

Dia menjelaskan kualitas perencanaan dan penganggaran sangat penting karena jika tepat, efektif serta efisien maka akan menjadi dasar dalam mendukung perwujudan visi Papua bangkit, mandiri dan sejahtera yang berkeadilan.

“Implementasi e-Goverment terintegrasi Provinsi Papua telah diapresiasi oleh KPK, di mana proses perencanaan dan penganggarannya menjadi yang terdepan sebagaimana hasil monitoring di awal September ini,” katanya lagi.

Dia menambahkan apresiasi ini harus menjadi motivasi bagi semua pihak untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran guna mewujudkan harapan seluruh rakyat Papua.

Berita Lainnya
Bawaslu: 32.000 Karyawan Freeport Terancam tidak ikut Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Anggota Bawaslu Papua Ronald Manoach mengatakan sekitar 32 ribu karyawan PT Freeport Indonesia terancam tidak memilih dalam Pemilu 2019 karena ...
Pemkab Biak Numfor Larang Pejabat OPD Keluar Daerah BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua, melarang pejabat pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) keluar daerah selama persiapan sidang...
TNI Gelar Pengobatan Massal di Tingginambut PUNCAK JAYA, TAJUKTIMUR.COM - Tim Pembinaan Masyarakat TNI/Polri bersama dengan Kodim 1714/Puncak Jaya menggelar bakti sosial berupa pengobatan massal dan pembagian paket...
Polda Papua Kirim Tim Kesehatan ke Sulteng JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengirimkan tim kesehatan dan trauma healing atau psikologi untuk membantu warga Palu, Sigi, dan Donggala, di S...
Polres Paniai Siap Amankan PSU di Deiyai JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Polres Paniai siap mengamankan pemungutan suara ulang (PSU) di dua distrik di Kabupaten Deiyai, Papua, yang dijadwalkan pada Selasa (16/10). ...
Kanal: Papua