Loading...

Pemprov Papua Imbau Pemudik Hindari Calo

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM —- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengimbau para calon pemudik untuk menghindari pembelian tiket penerbangan dari calo karena harganya dipastikan akan ada di atas ketentuan.

“Jadi Pemprov Papua melalui Dinas Perhubungan mengharapkan para calon penumpang dapat membeli tiket dari pihak maskapai maupun agen resmi, karena ini juga kan menyangkut keselamatan dari pihak penumpang sendiri,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Reky D Ambrauw, di Jayapura, Senin.

Ia mengklaim telah melakukan pertemuan dengan pihak maskapai untuk mendapatkan informasi mengenai penjualan dan harga tiket penerbangan pada arus mudik 2018.

Menurut dia, pihak maskapai telah menjual tiket sesuai ketentuan namun karena tingginya permintaan, ada oknum-oknum tertentu yang ingin memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menjadi calo.

“Pihak maskapai telah menjelaskan bahwa mereka menawarkan harga tiket sesuai dengan ambang batas tiket yang ada, dalam artian ini merujuk pada Peraturan Menteri Nomor 14 tahun 2016 tentang tarif batas atas angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri kelas ekonomi,” kata dia.

Sementara Kepala Bandara Sentani, Antonius Widyo Praptono, mengharapkan kepada maskapai penerbangan untuk mengantisipasi agar para calon penumpang tidak membeli tiket dari calo karena sangat merugikan.

Ia menegaskan sesuai ketentuan nama yang tertera pada tiket pesawat harus sesuai dengan KTP penumpang yang bersangkutan sehingga bagi masyarakat yang membeli dari calo bisa saja tidak diperkenankan naik ke atas pesawat.

“Ini harus diantisipasi jadi kalo calon penumpang membeli dengan harga mahal dari calo kan yang untung calo, yang rugi kan maskapai maupun penumpang apalagi kalo nama di tiket tidak sesuai dengan KTP,” katanya.

Berita Lainnya
16 Parpol di Biak Numfor Gelar Deklarasi Kampanye Damai BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua, mendeklarasikan kampanye damai bersama 16 partai politik peserta Pemilu 2019, di Biak, Se...
Gubernur Lukas Optimistis Pelaksanaan Pemilu 2019 Lancar JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Papua Lukas Enembe optimistis pelaksanaan Pemilu 2019 baik pemilihan presiden maupun anggota legislatif akan berjalan lancar, melihat ...
Dinas Perikanan Jayapura Bagikan 450 Ton Benih Ikan Nila JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura, Papua, membagikan 450 ribu ton benih ikan nila kepada masyarakat dan petani budi daya ikan di ...
Dubes Amerika Dukung Divestasi Saham Freeport TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr mendukung kebijakan Presiden Indonesia Joko Widodo terkait divestasi saham PT Fre...
Gubernur Lantik Bupati dan Wakil Bupati Puncak dan Mamberamo Tengah JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Papua Lukas Enembe melantik Bupati-Wakil Bupati Puncak Willem Wandik-Pelinus Balinal, dan Bupati-Wakil Bupati Mamberamo Tengah (Mamten...
Kanal: Papua