Loading...

Pemprov Papua Wacanakan Pemberlakuan Satu Arah Jalan Soa-Siu

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mewacanakan pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) pada Jalan Soa-Siu yang berada di depan kantor Gubernur Papua di Dok II Jayapura, guna menghindari kemacetan.

Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal, di Jayapura, Rabu, mengatakan setiap ada apel pagi atau acara-acara resmi pemerintah misalnya pelantikan dan lain sebagainya, jalan di depan kantor Gubernur Papua itu selalu mengalami kemacetan.

“Jika terjadi macet, kesannya kurang baik sehingga harus dipastikan kendaraan-kendaraan yang tidak berkepentingan dengan acara atau kegiatan pemerintah dapat melalui jalur di belakang kantor gubernur,” katanya.

Klemen meminta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Papua untuk berkoordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda setempat terkait wacana SSA itu.

Senada dengan Wagub, Soni Krimadi pengendara truk Pertamina mengatakan untuk menghindari kemacetan di Jalan Soa Siu khususnya pada awal minggu atau hari kerja, pihaknya berkendara lebih pagi atau jalan memutar melalui jalur di belakang kantor gubernur.

“Masalahnya jika sampai terlambat beberapa menit saja, maka akan terkena macet yang dapat memakan waktu tempuh lebih dari biasanya, apalagi kami mendistribusikan bahan bakar minyak di mana harus cepat sampai di tujuan,” katanya.

Jika diberlakukan SSA di ruas jalan tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat agar tidak mengalami kemacetan dan mengurangi resiko kecelakaan.

SSA adalah suatu pola lalu lintas yang dilakukan dengan merubah jalan dua arah menjadi jalan satu arah yang berfungsi untuk meningkatkan keselamatan dan kapasitas jalan serta persimpangan sehingga meningkatkan kelancaran lalu lintas yang biasanya diterapkan di wilayah perkotaan.

Berita Lainnya
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua