Loading...

Pendaftaran Pilgub Papua Berjalan Kondusif

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) — Pihak kepolisian menyatakan tahapan pendaftaran pasangan calon untuk pemilihan gubernur (pilgub) Papua pada 8-10 Januari 2018 berlangsung aman dan lancar.

“Jadi, sejak hari pertama pada Senin (8/1) hingga hari terakhir pada Rabu (10/1), proses pendaftaran peserta bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di KPU Papua berjalan aman dan lancar,” kata Kapolres Jayapura Kota AKBP Marison H Tober Sirait, di Kota Jayapura, Papua, Kamis (11/1).

Mantan Kapolres Keerom ini menjelaskan bahwa dari awal pendaftaran hingga penutupan pendaftaran di KPU Papua, aparat kepolisian dibantu TNI setempat menjaga dan mengawal proses tersebut.

“Semua proses ini saya ikuti sejak hari pertama hingga hari terakhir yang selesai pada Kamis dini hari di KPU Papua,” katanya.

Terkait jumlah personil yang disiagakan pada hajatan KPU itu, kata dia, sebanyak 500 personil Polri yang dibantu TNI, yang disebar di sejumlah titik guna mengamankan jalannya proses pendaftaran calon kanddidat pilkada.

“Personil kami jaga selain di KPU, ada juga di tempat tertentu. Kami juga dibantu oleh Polda Papua dalam mengatur kelancaran arus lalu lintas dan pengamanan,” kata Tober.

Sementara itu, pada hari terakhir pendaftaran di kantor KPU Papua yang terletak di Jalan Soa Siu, Kota Jayapura, sebanyak dua bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua yang datang mendaftar dan membawa berkas.

Yakni pasangan calon Jhon Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae (JWW-HMS) yang datang mendaftar sekitar pukul 15.00 WIT, kemudian pasangan Ones Pahabol-Petros Yoram Mambai (Hamba) yang datang mendaftar pada pukul 23.55 WIT.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Gempa Magnitudo 6,1 di Papua, BNPB: Jangan Terprovokasi Hoaks JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah melaporkan gempa ...
Gempa 6,1 Guncang Papua Sore Ini JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,1 mengguncang wilayah Keerom, Papu...
Kapendam Cendrawasih: Situasi Nduga Berangsur Normal JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, mene...
Pangdam: Tak Ada Warga Sipil Tertembak di Nduga Papua JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring memastikan ti...
Bank Papua di Biak Siapkan Rp100 Miliar untuk Libur Natal BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Manajemen Bank Papua cabang Kabupaten Biak Numfor menyiapkan dana sebesar Rp1...
Kanal: Papua Pilkada