Loading...

Pendaftaran Pilgub Papua Berjalan Kondusif

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) — Pihak kepolisian menyatakan tahapan pendaftaran pasangan calon untuk pemilihan gubernur (pilgub) Papua pada 8-10 Januari 2018 berlangsung aman dan lancar.

“Jadi, sejak hari pertama pada Senin (8/1) hingga hari terakhir pada Rabu (10/1), proses pendaftaran peserta bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di KPU Papua berjalan aman dan lancar,” kata Kapolres Jayapura Kota AKBP Marison H Tober Sirait, di Kota Jayapura, Papua, Kamis (11/1).

Mantan Kapolres Keerom ini menjelaskan bahwa dari awal pendaftaran hingga penutupan pendaftaran di KPU Papua, aparat kepolisian dibantu TNI setempat menjaga dan mengawal proses tersebut.

“Semua proses ini saya ikuti sejak hari pertama hingga hari terakhir yang selesai pada Kamis dini hari di KPU Papua,” katanya.

Terkait jumlah personil yang disiagakan pada hajatan KPU itu, kata dia, sebanyak 500 personil Polri yang dibantu TNI, yang disebar di sejumlah titik guna mengamankan jalannya proses pendaftaran calon kanddidat pilkada.

“Personil kami jaga selain di KPU, ada juga di tempat tertentu. Kami juga dibantu oleh Polda Papua dalam mengatur kelancaran arus lalu lintas dan pengamanan,” kata Tober.

Sementara itu, pada hari terakhir pendaftaran di kantor KPU Papua yang terletak di Jalan Soa Siu, Kota Jayapura, sebanyak dua bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua yang datang mendaftar dan membawa berkas.

Yakni pasangan calon Jhon Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae (JWW-HMS) yang datang mendaftar sekitar pukul 15.00 WIT, kemudian pasangan Ones Pahabol-Petros Yoram Mambai (Hamba) yang datang mendaftar pada pukul 23.55 WIT.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Tiga TNI tewas dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Tiga anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Nanggala dilaporkan tewas da...
Polda Papua tetapkan Jafar Umar Thalib tersangka perusakan di Koya JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua menetapkan Jafar Umar Th...
Kanal: Papua Pilkada