Loading...

Pengumuman Final Peserta Pilgub Papua Sesuai Jadwal

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Adam Arisoy menegaskan pihaknya akan mengumumkan peserta pemilihan gubernur (pilgub) sesuai jadwal nasional yakni 12 Februari 2018.

“Apapun yang terjadi pada 11 Februari 2018, KPU Papua tetap pleno penetapan pasangan calon gubernur/wakil gubernur dan besoknya diumumkan,” katanya di Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/2).

Menurut dia, KPU harus bertindak demikian karena pemilu 2018 digelar secara serentak, secara nasional, dan hal itu tidak bisa ditawar-tawar.

“Sehingga secara hukum, proses tahapan KPU tidak menyalahi jadwal atau aturan yang sudah dibuat, yang salah siapa? Ini yang kami sampaikan,” katanya.

Adam mengakui keputusan untuk tetap mengacu pada jadwal nasional sudah disampaikan kepada pasangan calon melalui tim sukses dengan menggelar pertemuan atau rapat tertutup di KPU Papua.

“Kami sudah rapat dengan para tim sukses, menjelaskan bahwa hingga kini dokumen paslon untuk verifikasi keaslian sebagai orang asli Papua masih tertahan di DPRP,” katanya.

Dengan begitu, lanjut Adam, sejumlah tahapan pemilihan gubernur/wakil gubernur akan terganggu karena dokumen yang tertahan di Pansus Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP).

“Yang jelas akibat dari ini, pasangan calon akan mengalami kerugian untuk masa kampanyenya, karena verifikasi faktual di MRP itu lama waktunya 14 hari, ini pasti akan ada penyesuaian, akan ada persoalan, sehingga hal ini kami sampaikan kepada tim sukses, mohon dikoordinasikan,” kata Adam.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Asprov PSSI Papua Nilai Edy Ramayadi Bersikap Satria JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua Rocky Bebena menilai pe...
Tim Gabungan SAR bantu Kecelakaan di Perairan Asmat JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Tim gabungan SAR, yang terdiri dari SAR dan Satuan Polair Polres Merauke,...
Polda Papua Kirim Timsus Hadapi Gugatan KNPB TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - Kepolisian Daerah Papua mengirimkan tim khusus untuk membantu Polres Mimika...
Inalum dan Uncen kerja sama Membangun Papua JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM dan Universitas Cendr...
Banjir Hanyutkan Lima Warga di Sebagian Tolikara JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua menyatakan huja...
Kanal: Papua Pilkada