Loading...

Pengumuman Final Peserta Pilgub Papua Sesuai Jadwal

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Adam Arisoy menegaskan pihaknya akan mengumumkan peserta pemilihan gubernur (pilgub) sesuai jadwal nasional yakni 12 Februari 2018.

“Apapun yang terjadi pada 11 Februari 2018, KPU Papua tetap pleno penetapan pasangan calon gubernur/wakil gubernur dan besoknya diumumkan,” katanya di Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/2).

Menurut dia, KPU harus bertindak demikian karena pemilu 2018 digelar secara serentak, secara nasional, dan hal itu tidak bisa ditawar-tawar.

“Sehingga secara hukum, proses tahapan KPU tidak menyalahi jadwal atau aturan yang sudah dibuat, yang salah siapa? Ini yang kami sampaikan,” katanya.

Adam mengakui keputusan untuk tetap mengacu pada jadwal nasional sudah disampaikan kepada pasangan calon melalui tim sukses dengan menggelar pertemuan atau rapat tertutup di KPU Papua.

“Kami sudah rapat dengan para tim sukses, menjelaskan bahwa hingga kini dokumen paslon untuk verifikasi keaslian sebagai orang asli Papua masih tertahan di DPRP,” katanya.

Dengan begitu, lanjut Adam, sejumlah tahapan pemilihan gubernur/wakil gubernur akan terganggu karena dokumen yang tertahan di Pansus Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP).

“Yang jelas akibat dari ini, pasangan calon akan mengalami kerugian untuk masa kampanyenya, karena verifikasi faktual di MRP itu lama waktunya 14 hari, ini pasti akan ada penyesuaian, akan ada persoalan, sehingga hal ini kami sampaikan kepada tim sukses, mohon dikoordinasikan,” kata Adam.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua Pilkada