Loading...

PILKADA PAPUA: KPU Tolak Berkas “Hamba” Yang Diserahkan DPRP

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menolak berkas pendaftaran dari bakal pasangan calon gubernur/wakil gubernur Ones Pahabol-Petrus Mambai (Hamba) yang diserahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP).

Penolakan itu disampaikan oleh Ketua KPU Papua Adam Arisoy, dihadapan Ketua DPRP Yunus Wonda dan Ketua Pansus Pilgub DPRP Thomas Sondegau, di sekretariat KPU di Jalan Soa Siu, Kota Jayapura, Senin malam.

“Berkas ini, KPU tidak bisa terima karena sudah melewati batas waktu pendaftaran pada awal Januari lalu,” kata Adam didampingi rekannya sesama komisioner Isak R Hikoyabi.

Menurut dia, berkas bakal paslon Hamba juga diberikan kepada KPU Papua pada pekan lalu, tapi tidak diterima.

“Berkas pasangan ini ada di lobi KPU, kami tidak terima karena sudah lewati masa pendafaftaran,” kata Adam.

Hal senada diungkapkan Isak R Hikoyabi yang menegaskan bahwa KPU tidak ingin terjebak dengan berkas yang diberikan oleh pasangan Hamba.

“Kalau KPU terima maka bisa bekonsukuensi hukum, kami tidak mau terjebak hukum. Maka itu kami tidak akan terima,” katanya.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Jayapura itu menjelaskan bahwa pada awal Januari lalu, pasangan Hamba membawa berkas pendaftaran pada tengah malam dengan dukungan satu partai dan langsung ditolak karena tidak memenuhi syarat pendaftaran.

“Kami tolak dan langsung buat berita pada malam itu juga. Karena pasangan ini daftar hanya dengan satu partai pendukung dan tidak memenuhi kouta,” kata Isak.

Sementara itu, Yunus Wonda menyampaikan bahwa DPRP hanya menerima berkas itu sehingga dibawa ke KPU.

“Kami hanya ingin menyampaikan saja berkas pasangan ini, tapi setelah mendengar penjelasan, maka berkas itu akan kami bawa kembali sebagai aspirasi,” katanya.

(as)

Berita Lainnya
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua Pilkada