Loading...

Plt Gubernur Provinsi Papua Cek Kesiapan Pilkada 2018

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Plt Gubernur Papua Soedarmo didampingi sejumlah pejabat di lingkup pemerintah provinsi mengunjungi sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, di Jayapura, Rabu petang, guna mengecek kesiapan penyelenggaraan Pilkada 2018.

“Yang pertana saya silahturahmi. Yang kedua saya perlu cek kesiapan dari KPU terhadap penyelenggaraan pilkada di tingkat provinsi dan kabupaten,” kata Soedarmo, di sela-sela kunjungan tersebut.

“Yang ketiga, saya menghimpun permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh KPU yang berkaitan dengan Pilkada serentak, sehingga bisa mencari solusi-solusi penyelesaian,” sambungnya.

Mantan Plt Gubernur Aceh itu menyakini setiap masalah yang dihadapi KPU dalam penyelenggaraan pilkada harus ada solusinya sehingga pesta demokrasi tersebut bisa berlangsung aman dan lancar.

“Sehingga tupoksi dari KPU bisa berjalan maksimal, dan harapannya pilkada bisa berjalan damai dan sukses,” katanya.

Antisipasi dari pilkada 2015 dan 2017, dimana KPU tingkat provinsi dan kabupaten menemui sejumlah hambatan diantaranya adanya keterlibatan kelompok kriminal bersenjata, Soedarmo mengatakan akan dikoordinasikan dengan elemen terkait.

“Soal kerawanan masa pilkada selalu ada, yang dimungkinkan daerahnya ada KKB itu nanti akan diperkuat dengan aparat keamanan, melibatkan TNI untuk membantu Polri dalam pengamanan,” katanya.

Sementara berkaitan dengan sisa dana KPU sebagaimana NPHD yang telah disepakati dengan Pemerintah Provinsi Papua, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu menyampaikan akan mengecek di bagian organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

“Nanti kita koordinasikan dengan bagian keuangan, yang penting jangan sampai menghambat anggaran KPU untuk pilkada,” katanya.

Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih dua jam itu, Ketua KPU Adam Arisoy dan tiga komisioner yakni Musa Y Sombuk, Beatrix Wanane dan Isak R Hikoyabi bergantian menjelaskan berbagai persoalan yang akan dihadapi oleh mereka kepada Soedarmo.

(fr)

Berita Lainnya
Kementerian Pariwisata Gelar Crossborder Festival di Keerom KEEROM, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pariwisata menggelar Festival Crossborder di Kabupaten Keerom,...
Presiden Resmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo mengawali kegiatan kunjungan kerja di Provinsi Papua...
PJN Belum Proteksi Kawasan Longsor di Jalan TransPapua WAMENA, TAJUKTIMUR.COM - Pelaksana Jalan Nasional (PJN) I Jayapura, Provinsi Papua, belum memproteks...
1300 Personil Gabungan Siap Amankan Kunjungan Presiden di Merauke MERAUKE, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 1.300 Personil gabungan dipersiapkan untuk pengamanan V-V-I-P kun...
Kemendikbud Dorong Pemberantasan Buta Aksara di Papua ASMAT, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong partisipasi pe...
Kanal: Papua Pilkada