Loading...

Polres Jayawijaya fasilitasi perdamaian antarkelompok Warga

Bentrok antar warga di dijalan Trans Wamena-Kurulu Kampung Mulima distrik Yalengga, Wamena kabupaten Jayawijaya, Senin(1/10/2018). (foto: pasificpos)

 

WAMENA, TAJUKTIMUR.COM – Kepolisian Resor Jayawijaya memfasilitasi perdamaian antarkelompok warga Distrik Libarek dan Yalengga serta Wadanku, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, yang bernuasa denda adat.

Wakapolres Jayawijaya Kompol Andreas Tampubolon di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat, mengatakan sebelumya memang sudah ada kesepakatan perdamaian.

Agar kesepakatan perdamaian itu tidak berubah menjadi perang dan menelan korbab jiwa lagi, polisi mengundang pihak-pihak yang terlibat untuk berdamai di Mapolres.

Konflik antarwarga Distrik Libarek dan Yalengga serta Wadanku di Kabupaten Jayawijaya itu berakhir setelah mereka berdamai dengan denda adat berupa uang tunai Rp150 juta dan 66 ekor ternak babi.

Perdamaian dilakukan di Mapolres Jayawijaya Kamis, (18/10) dan berlangsung sejak siang hingga malam hari karena sempat terjadi tawar menawar terkait besaran jumlah denda.

Uang dan ternak babi yang terkumpul dari Distrik Libarek dan Yalengga itu diberikan kepada warga Distrik Wadangku.

Sementara warga Distrik Libarek dan Yalengga tidak saling membayar melainkan berencana membuat ritual perdamaian dengan acara bakar batu atau memasak makanan dengan batu panas yang sudah dibakar.

Pada mediasi konflik itu, warga membuat surat pernyataan untuk tidak melanjutkan atau mengulangi konflik antarwarga.

Konflik antarwarga Libarek, Yalengga dan Wadanku ini terjadi awal Oktober dan menyebabkan tiga orang meninggal dunia setelah terkena senjata tradisional.

Delapan orang lainnya juga dilaporkan mengalami luka-luka serius pasca kejadian itu.

Berita Lainnya
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua