Loading...

PT Telkom Mulai Pasang Fiber Optik di Jayawijaya

WAMENA, TAJUKTIMUR.COM – PT Telkom mulai melakukan pemasangan jaringan Fiber Optik (FO) untuk kebutuhan internet di pegunungan Jayawijaya setelah adanya kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua

General Manajer Telkom Papua Lonely Simanjuntak di Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya, Selasa, mengatakan pemasangan FO diupayakan rampung setelah dikerjakan selama sebulan.

Penandatanganan kesepakatan bersama dengan Pemkab Jayawijaya baru dilakukan pada Selasa, (31/7) sehingga dua minggu setelah itu langsung dilakukan pemasangan FO.

Pemasangan FO yang masih direncakan ini akan lebih difokuskan untuk kebutuhan pelayanan pemerintahan atau di organisasi perangkat daerah (OPD).

“Manfaat projek ini sangat penting, pertama diharapkan seluruh OPD di Jayawijaya terkoneksi dengan jaringan internet, dengan bandwitch melalui satelit,” katanya.

Konsep `smart city` dengan bandwitch 1 GB yang akan dipasang itu dipercaya dapat mendukung program-program kerja pemerintah.

“FO ini bisa dinikmati masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung, kecepatan layanan kepada masyarakat, dan secara langsung untuk mempermudah kinerja seluruh OPD,” katanya.

Sekretaris Daerah Jayawijaya Yohanis Walilo mengatakan pemasangan FO akan berdampak pada terjadinya pertumbuhan perekonomian.

“Ketika jaringan cukup bagus maka akan berdampak pada semua, jadi bukan hanya terhadap kinerja pemerintah daerah saja,” katanya.

Sebagai langkah awal, pemasangan FO akan menghubungkan koneksi internet di 24 organsiasi perangkat daerah di Jayawijaya.

“Ini juga mempermudah pelayanan sebab kita dituntut oleh KPK terkait dengan rencana aksi pemberantasan korupsi berbasis elektronik, sehingga tidak perlu lagi bertumpuk di keuangan atau Bappeda, di mana setiap OPD bisa input langsung,” katanya.

Berita Lainnya
Gempa Magnitudo 6,1 di Papua, BNPB: Jangan Terprovokasi Hoaks JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah melaporkan gempa ...
Gempa 6,1 Guncang Papua Sore Ini JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,1 mengguncang wilayah Keerom, Papu...
Kapendam Cendrawasih: Situasi Nduga Berangsur Normal JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, mene...
Pangdam: Tak Ada Warga Sipil Tertembak di Nduga Papua JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring memastikan ti...
Bank Papua di Biak Siapkan Rp100 Miliar untuk Libur Natal BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Manajemen Bank Papua cabang Kabupaten Biak Numfor menyiapkan dana sebesar Rp1...
Kanal: Papua