Loading...

PT Telkom Mulai Pasang Fiber Optik di Jayawijaya

WAMENA, TAJUKTIMUR.COM – PT Telkom mulai melakukan pemasangan jaringan Fiber Optik (FO) untuk kebutuhan internet di pegunungan Jayawijaya setelah adanya kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua

General Manajer Telkom Papua Lonely Simanjuntak di Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya, Selasa, mengatakan pemasangan FO diupayakan rampung setelah dikerjakan selama sebulan.

Penandatanganan kesepakatan bersama dengan Pemkab Jayawijaya baru dilakukan pada Selasa, (31/7) sehingga dua minggu setelah itu langsung dilakukan pemasangan FO.

Pemasangan FO yang masih direncakan ini akan lebih difokuskan untuk kebutuhan pelayanan pemerintahan atau di organisasi perangkat daerah (OPD).

“Manfaat projek ini sangat penting, pertama diharapkan seluruh OPD di Jayawijaya terkoneksi dengan jaringan internet, dengan bandwitch melalui satelit,” katanya.

Konsep `smart city` dengan bandwitch 1 GB yang akan dipasang itu dipercaya dapat mendukung program-program kerja pemerintah.

“FO ini bisa dinikmati masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung, kecepatan layanan kepada masyarakat, dan secara langsung untuk mempermudah kinerja seluruh OPD,” katanya.

Sekretaris Daerah Jayawijaya Yohanis Walilo mengatakan pemasangan FO akan berdampak pada terjadinya pertumbuhan perekonomian.

“Ketika jaringan cukup bagus maka akan berdampak pada semua, jadi bukan hanya terhadap kinerja pemerintah daerah saja,” katanya.

Sebagai langkah awal, pemasangan FO akan menghubungkan koneksi internet di 24 organsiasi perangkat daerah di Jayawijaya.

“Ini juga mempermudah pelayanan sebab kita dituntut oleh KPK terkait dengan rencana aksi pemberantasan korupsi berbasis elektronik, sehingga tidak perlu lagi bertumpuk di keuangan atau Bappeda, di mana setiap OPD bisa input langsung,” katanya.

Berita Lainnya
Diskop UKM Biak Numfor Dorong Peningkatan Produk Abon Ikan Asky BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Koperasi (Diskop) Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Biak Numfor, Papua, mendorong peningkatan produksi kemasan abon ik...
Dua Anggota TNI Tewas Ditembak KKSB di Tingginambut JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Dua orang anggota TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) tewas ditembak Kelompok Krimina...
Indeks Demokrasi Papua naik 0,32 Poin Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua mengungkapkan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Papua 2017 sebesar 61,34 poin dari skala 0 sampai 1...
AJI Jayapura Sosialisasikan Bahaya Berita Hoax JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jayapura akan menyasar anak mudah, terutama siswa di sekolah dan mahasiswa untuk men...
Pemprov Papua Sumbang 20 Ekor Sapi Kurban BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua menyumbang sebanyak 20 ekor sapi sebagai hewan kurban untuk perayaan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijja...
Kanal: Papua