Loading...

RSUPN Cipto Mangunkusumo Layani 220 pasien Papua

SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM – Sejak Januari-Oktober 2018 Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta melayani 220 pasien orang asli Papua yang dirujuk dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura.

Kepala Bidang Sekretariat Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) Alexander Krisifu selaku pemimpin tim UP2KP yang memantau pelayanan kesehatan rujukan di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta, ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Kamis, mengemukakan jumlah itu diketahui setelah tim yang dipimpinanya mendatangi RSUPN pada Rabu (24/10).

Tim pemantau yang beranggotakan Jordan Mangar, Marcus Simaela, Hidayat Wairoy, Derik Pinibo dan Gusty Masan Raya itu, masih akan meninjau pelayanan terhadap pasien rujukan orang asli Papua ke rumah sakit tersebut hingga Sabtu (27/10).

Tim UP2KP juga menyambangi RSCM Jakarta guna memantau dan mengevaluasi pelayanan pasien asli Papua yang dirujukan dari RSUD Jayapura yang menggunakan jaminan Kartu Papua Sehat (KPS).

Sudah empat tahun, kata Alexander, Pemerintah Provinsi Papua menandatangani Perjanjian Kerjasama (memorandum of understanding) dengan RSCM untuk pelayanan rujukan.

Di sela-sela pertemuan yang dilakukan, menurut Alexander, Kepala Bagian Pemasaran RSCM dr Ananato Prasetya Hadi di hadapan Tim UP2KP mengatakan, sejak Januari hingga Oktober, sudah 220 pasien asal Papua yang dilayani oleh RSCM.

Angka itu meningkat dari tahun lalu yang hanya seratus lebih pasien.

Sementara itu, staf unit administrasi RSCM Endang Rudana, seperti dilansir Antara mengakui, selama empat tahun menghadapi pasien asal Papua dan keluarganya, salah satu masalah yang dihadapi adalah komunikasi.

Menurut dia, tidak hanya masalah bahasa, masalah paling utama ialah banyak pasien yang dirujuk tidak membawa identitas lengkap seperti KTP. Lebih parah lagi, tak ada Surat Jaminan dari RSUD Jayapura.

Berita Lainnya
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Tiga TNI tewas dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Tiga anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Nanggala dilaporkan tewas da...
Polda Papua tetapkan Jafar Umar Thalib tersangka perusakan di Koya JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua menetapkan Jafar Umar Th...
Kanal: Papua