Loading...

RSUPN Cipto Mangunkusumo Layani 220 pasien Papua

SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM – Sejak Januari-Oktober 2018 Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta melayani 220 pasien orang asli Papua yang dirujuk dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura.

Kepala Bidang Sekretariat Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) Alexander Krisifu selaku pemimpin tim UP2KP yang memantau pelayanan kesehatan rujukan di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta, ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Kamis, mengemukakan jumlah itu diketahui setelah tim yang dipimpinanya mendatangi RSUPN pada Rabu (24/10).

Tim pemantau yang beranggotakan Jordan Mangar, Marcus Simaela, Hidayat Wairoy, Derik Pinibo dan Gusty Masan Raya itu, masih akan meninjau pelayanan terhadap pasien rujukan orang asli Papua ke rumah sakit tersebut hingga Sabtu (27/10).

Tim UP2KP juga menyambangi RSCM Jakarta guna memantau dan mengevaluasi pelayanan pasien asli Papua yang dirujukan dari RSUD Jayapura yang menggunakan jaminan Kartu Papua Sehat (KPS).

Sudah empat tahun, kata Alexander, Pemerintah Provinsi Papua menandatangani Perjanjian Kerjasama (memorandum of understanding) dengan RSCM untuk pelayanan rujukan.

Di sela-sela pertemuan yang dilakukan, menurut Alexander, Kepala Bagian Pemasaran RSCM dr Ananato Prasetya Hadi di hadapan Tim UP2KP mengatakan, sejak Januari hingga Oktober, sudah 220 pasien asal Papua yang dilayani oleh RSCM.

Angka itu meningkat dari tahun lalu yang hanya seratus lebih pasien.

Sementara itu, staf unit administrasi RSCM Endang Rudana, seperti dilansir Antara mengakui, selama empat tahun menghadapi pasien asal Papua dan keluarganya, salah satu masalah yang dihadapi adalah komunikasi.

Menurut dia, tidak hanya masalah bahasa, masalah paling utama ialah banyak pasien yang dirujuk tidak membawa identitas lengkap seperti KTP. Lebih parah lagi, tak ada Surat Jaminan dari RSUD Jayapura.

Berita Lainnya
Bank Papua di Biak Siapkan Rp100 Miliar untuk Libur Natal BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Manajemen Bank Papua cabang Kabupaten Biak Numfor menyiapkan dana sebesar Rp1...
Pemkab Biak Numfor Gelar Bursa Inovasi Desa BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor menggelar bursa inovasi desa sebagai media b...
Pemprov Papua Wacanakan Bangun Kampung Tematik JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Perumahan dan Kawasan P...
Bulog: Stok Beras di Papua Aman hingga Tiga Bulan JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Manajemen Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Papua dan papua Barat mengu...
Pembangunan Jalan TransPapua di Nduga Segera Diambil Alih TNI WAMNA, TAJUKTIMUR.COM - Pembangunan jalan dan jembatan di jalur transPapua terutama di lokasi pemban...
Kanal: Papua