Loading...

Rudiantara Siap Bangun 44 BTS di Puncak Jaya

WANENA, TAJUKTIMUR.COM — Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berjanji akan membangun 44 unit BTS (Base Transceiver Station) sebagai infrastruktur telekomunikasi seluler yang nantinya terintegrasi dengan palapa ring kualitas 4G di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua.

Janji itu disampaikan dalam kunjungan kerjanya ke Mulia, Ibu Kota Kabupaten Puncak Jaya, tepatnya di SMP Negeri 1 Mulia, Selasa.

Pada momentum tersebut Rudiantara mengatakan walau Indonesia telah merdeka dari penjajahan, tetapi belum merdeka dari akses internet dan hal itu menjadi perhatian pemerintah, khususnya kepada masyarakat di Puncak Jaya.

“Maka dari itu kita canangkan bahwa tahun 2019 semua desa termasuk Puncak Jaya, 44 desa lagi BTS yang belum terpasang, untuk itu di tahun 2019 mudah-mudahan kami bisa menyelesaikan sampai akhir tahun, dan mudah-mudahan tidak ada lagi desa/kampung yang belum terpasang BTS,” katanya dalam rilis yang diterima Antara di Wamena, ibu kota kabupaten Jayawijaya.

Ia mengatakan pada 2018 akan dibangun empat tower BTS di Puncak Jaya.

“Saya selalu menggunakan patokan di 2030 sebagai `milestone` saya, apa yang terjadi di tahun 2030. Di tahun itu Indonesia berada di puncak bonus demografi. Artinya masyarakat Indonesia berada dalam usia produktif, ekonomi Indonesia itu sama dengan semua ekonomi negara ASEAN, maka itu pemerintah fokus bagaimana mengumpulkan SDM agar di tahun 2030 ekonomi Indonesia lebih besar dua kali dibandingkan ekonomi Indonesia saat ini,” katanya.

Ia mengatakan Indonesia akan membangun satelit sendiri pada 2022 dengan kecepatan akses internet sebanyak 10 Mbps/detik.

“Di tahun 2022 satelit sudah ada dan pastinya tidak ada satu sekolah-pun yang tidak terhubung akses internet. Saya pastikan di tahun 2022 sekolah di Puncak Jaya sudah terhubung akses internet kecepatan tinggi 10Mbps/s, karena nanti anak-anak sekolah belajarnya betul betul menggunakan akses internet,” katanya.

Menteri juga mengatakan Bupati Puncak Jaya meminta bantuan 10 BTS namun yang akan diberikan adalah 44 BTS untuk nantinya dipasang di seluruh kampung di kabupaten itu.

Pada momentum tatap muka Menkominfo bersama pejabat Pemkab Puncak Jaya, ia memberikan cinderamata miniatur BTS USO Bakti kepada bupati puncak bersama bantuan CSR dari PT Infokom berupa empat uint laptop kepada kepala-kepala sekolah.

Sementara Pemkab Puncak Jaya memberikan cederamata Kopi Asli Mulia dan Sari Minyak Buah Merah hasil produksi masyarakat, yang konon dapat mengobati segala macam penyakit.

Usai memantau lokasi NOC palapa ring wilayah Timur, Menteri meninjau lokasi BTS USO di Kampung Trikora dan langsung berkomuniasi dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan dihubungkan dengan Bupati Puncak.

“Saya ngoblrol (melalui telepon genggam) dengan Pak Menteri Pariwisata seperti ngobrol berdampingan, ini membuktikan bahwa signal BTS USO Bakti Trikora terkoneksi dengan baik,” kata Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda.

Berita Lainnya
Kementerian PUPR Tingkatkan Kualitas Jalan Perbatasan Papua MERAUKE, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pem...
Mimika Sport Centre Siap Digunakan untuk PON 2020 TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - Fasilitas Mimika Sport Centre yang mencakup stadion indoor, stadion outdoor...
Polisi Sita Puluhan Sepeda Motor Curian dari Rusunawa Waena JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepolisian Resor Jayapura Kota kembali menyita puluhan sepeda motor yang ...
Pemprov Papua Agendakan Pembahasan Pembagian Saham Freeport-Inalum JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua rencananya akan menggelar pertemuan kembali gun...
Kapolres Mappi Sambangi Kampung Sumuraman JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Untuk sosialisai Pilkada damai pada pemilihan Legislatif dan Presiden 201...
Kanal: Papua