Loading...

Sekda Biak Numfor Pimpin Aksi Minum Obat Filariasis

BIAK, TAJUKTIMUR.COM – Usai melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Sekda Biak Numfor, Markus O. Mansnembra, SH, MM langsung memimpin aksi pembagian dan sekaligus minum obat filariasis atau kaki gajah di halaman Kantor Bupati, Senin (01/10).

bersama para pimpinan SKPD lainnya diikuti seluruh ASN, ini adalah apresiasi atas program pemerintah pusat bagi kesehatan bangsanya apalagi di Biak.

Obat pencegah penyakit kaki gajah yang diberikan pada POPM terdiri dari kombinasi tablet Diethylcarbamazine (DEC) 100 mg dan tablet Albendazole 400 mg. Adapun dosisnya untuk usia 2-5 tahun adalah 1 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole; usia 6-14 tahun mendapat 2 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole; dan bagi yang berusia di atas 14 tahun mendapat 3 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole.

Tahun ini adalah yang ke-3 diberikan obat ke seluruh masyarakat Biak Numfor.

“Pemberian obat masal ini akan meningkatkan cakupan maka strategi baru kami yaitu dengan mengunjungi sekolah – sekolah mulai dari PAUD sampai Perguruan Tinggi, kunjungi kantor-kantor,” Ungkap Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dari Dinas Kesehatan Ruslan, M.,Kes (Epid).

Di Biak secara absolut ada 7 kasus dengan prevalensi lebih dari satu, sehingga dimungkinkan Biak Numfor wajib diberikan kepada seluruh masyarakat/penduduk karena Biak termasuk dalam daerah endemis Kaki Gajah.

“Dinas Kesehatan telah melakukan sosialisasi baik di puskesmas-puskesmas, di kampung-kampung, dialog publik lewat RRI Biak serta radio swasta lainnya sebagai wujud membagi informasi atau yang disebut sosialisasi,” jelas Ruslan.

Oleh sebab itu menurut Ruslan, karena ini tahun serentak diberikan secara masal obat pencegahan massal filariasis atau kaki gajah.

“Diharapkan peran serta khususnya kelompok umur 2 – 70 tahun harus minum obat tersebut dan gerakan door to door dikerahkan oleh petugas kesehatan bagi masyarakat di kampung-kampung yang tidak terjangkau sekalipun,” tandasnya.

Berita Lainnya
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
PMI Percepat Penanggulangan Bencana Banjir di Sentani JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mempercepat penanggulangan bencana ...
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Kanal: Papua