Loading...

Sucofindo dorong Peningkatan Ekspor dari Papua

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM – PT. Superintending Company of Indonesia (Sucofindo) berupaya mendorong peningkatan ekspor dari Provinsi Papua terutama dari sektor nontambang yang selama ini sangat mendominasi.

Kepala Cabang Sucofindo Timika, Muhammad Surahman, di Jayapura, Rabu menjelaskan Saat ini Sucofindo fungsinya di jasa “testing, inspection, certification” (TIC) untuk melakukan pengujian, sertifikasi, pelatihan dan konsultasi.

Ia menyebut saat ini di Papua Sucofindo sudah ikut serta memeriksa mutu produk dari barang yang akan di ekspor karena sudah ada kantor unit yang beroperasi di Jayapura.

“Dulunya kita masih mendatangkan inspektor dari Makassar atau Jakarta. Dengan adanya kantor di Jayapura diharapkan pelayanan bisa lebih cepat dan efektif dalam pembiayaan,” ujarnya.

Ia yang berbicara disela kegiatan “Peranan Pemerintah Daerah dan PT. Sucofindo Dalam Menggerakan Ekspor Impor Dari Papua” menyadari masih perlunya dilakukan sosialisasi mengenai tugas dan fungsi perusahaan tersebut.

Menurut dia ?masih banyak pihak yang belum mengetahui fungsi lain dari Sucofindo, yaitu fungsi penjaminan mutu mula sejak produk itu diproduksi sehingga dapat dipastikan saat barang sudah siap mutunya terjaga.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua, Max Olua memandang dengan telah hadirnya Sucofindo di Jayapura harus dimanfaatkan dengan mendorong produksi barang non tambang untuk bisa dijadikan komoditi ekspor.

“Sektor-sektor produksi harus dihidupkan, mulai dari perikanan, perkebunan hingga pertanian agar kita tidak hanya tergantung pada sektor pertambangan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Keuangan Jamkrida Papua Edwin Jelmau yang menilai kehadiran Sucofindo mampu mendorong peningkatan aktifitas ekspor dari Jayapura.

Karenanya Jamkrida Papua menyatakan siap untuk membantu para pelaku usaha yang membutuhkan pembiayaan dari perbankan dengan memberikan jaminan kepada kredit yang diperlukan.

“Dengan adanya upaya meningkatkan ekspor dari Papua harus kita mulai dari pelaku usaha kecil menengah. Di situlah peran Jamkrida bisa memberikan akses kepada mereka untuk menerima pembiayaan dari bank,” kata dia.

Berita Lainnya
Kapolres: Seorang anggota KKB ditangkap di Mulia JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Paku Wanimbo, salah seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) ya...
Bupati dan Wakil Bupati Deiyai Terpilih Dilantik, Ini Pesan Lukas Enembe JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Papua, Lukas Enembe secara resmi melantik Bupati dan Wakil Bupat...
BMKG: Waspada gelombang tinggi di Papua-Papua Barat JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jay...
Relawan Pro-Jokowi Papua gelar nonton bareng Debat Capres JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Puluhan relawan Projo (Pro-Jokowi) Papua menggelar acara nonton bareng (n...
Ketua KPU Asmat Lantik 34 Relawan Demokrasi ASMAT, TAJUKTIMUR.COM - Ketua KPU Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Veronikus Asse melantik 34 relawa...
Kanal: Papua