Loading...

Telkom Berhasil Angkat Fiber Optik yang Putus di Papua

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM — Manajemen PT Telkom (Persero) Wilayah Telekomunikasi (Witel) Papua mengungkapkan saat ini tim teknis yang ada di Kapal Sabuk Nusantara Explorer sudah berhasil mengangkat kabel optik yang putus di perairan Sarmi-Biak.

“Sekarang kabel sudah terangkat dan sedang dilakukan proses penyambungan. Kami berharap target operasional 5 Mei 2018 dapat terlaksana,” ujar Manager Jaringan Witel Papua Maulani Vilemon di Jayapura, Rabu.

Ia menjelaskan setelah kabel berhasil diangkat, tim teknis Telkom baru bisa memastikan jenis kerusakan dan penyebabnya.

Menurut dia, kerusakan kabel di kedalaman 4.000 meter karena tertimpa material berat yang diperkirakan berasal dari reruntuhan gunung di bawah laut.

“Dipastikan (bagian dalam) kabel optik patah karena tertimpah reruntuhan batu karena lokasi kabel tepat di titik gempa dan saat pengangkatan itu beratnya sekitar delapan ton,” kata dia.

Maulani pun memastikan kabel optik tidak putus total sehingga proses pencariannya tidak terlalu lama. Hanya yang cukup memakan waktu adalah pada saat proses pengangkatan karena beban yang cukup berat.

Sementara menanggapi keluhan masyarakat mengenai turunnya kualitas layanan jaringan milik Telkom dan Telkomsel, ia menjelaskan hal tersebut karena saat ini seluruh daya jaringan optik dari Sorong, Papua Barat, harus dimatikan untuk proses perbaikan.

Hal tersebut menyebabkan suplai daya optik yang dilakukan menggunakan Radio IP juga dimatikan dan kini seluruh layanan diatasi menggunakan satelit.

“Saat ini jaringan cadangan yang menggunakan satelit 600 MBPs untuk Telkom sedangkan untuk Telkomsel 950 MBPs,” katanya.

Berita Lainnya
PJN Belum Proteksi Kawasan Longsor di Jalan TransPapua WAMENA, TAJUKTIMUR.COM - Pelaksana Jalan Nasional (PJN) I Jayapura, Provinsi Papua, belum memproteks...
1300 Personil Gabungan Siap Amankan Kunjungan Presiden di Merauke MERAUKE, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 1.300 Personil gabungan dipersiapkan untuk pengamanan V-V-I-P kun...
Kemendikbud Dorong Pemberantasan Buta Aksara di Papua ASMAT, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong partisipasi pe...
Kapolda Papua Berikan Penghargaan kepada 20 Personel Brimob JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin memberikan penghargaan kepada 20 ...
Pemkab Mimika akan Bayar Utang kepada Kontraktor TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, akan membayar utang kepada PT ...
Kanal: Papua